Jangan Lupa Baca Do'a Setelah Wudhu, Ini Dia Keutamaannya!!

By. Dewi Savitri - 18 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Doa setelah wudhu merupakan salah satu sunnah penting yang dianjurkan dalam agama Islam. Bagaimana cara membacanya? Apa doa yang paling shahih dan memiliki keutamaan yang dapat membuka delapan pintu surga?

 

Baca Juga: Sepulang Haji Diikuti Malaikat Selama 40 Hari? Ini Penjelasannya

 

Berikut ini adalah doa setelah wudhu beserta tulisan Arab, tulisan Latin, artinya, dan keutamaannya.

 

Doa Setelah Wudhu

 

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dengan sanad yang shahih.

 

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

 

Artinya: Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk di antara orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang menyucikan diri.

 

Keutamaan Doa Setelah Wudhu

 

Siapa pun yang melakukan wudhu dengan sempurna dan membaca doa tersebut, maka delapan pintu surga akan terbuka baginya. Ia dapat memasuki surga melalui pintu mana pun yang diinginkannya.

 

Baca Juga: 8 Adab Berdo'a dalam Islam Agar Cepat Terkabul

 

"Barangsiapa yang berwudhu dengan baik, kemudian membaca doa (yang artinya) 'Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk di antara orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang menyucikan diri', maka delapan pintu surga akan dibukakan untuknya, ia dapat masuk melalui pintu mana saja yang diinginkannya." (HR. Tirmidzi; shahih)

 

Terdapat hadits lain yang menyatakan:

 

"Tidak ada seorang pun di antara kalian yang berwudhu dengan sempurna, lalu membaca doa (yang artinya) 'Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan utusan-Nya', kecuali delapan pintu surga akan dibukakan baginya, ia dapat masuk melalui pintu mana pun yang diinginkannya." (HR. Muslim, Abu Dawud, dan Ahmad)

 

Inilah keutamaan yang luar biasa dari doa setelah wudhu. Keutamaan ini bisa diraih baik dengan membaca doa pertama maupun doa kedua.

 

Dengan membaca doa setelah wudhu dengan rutin, kita telah mendapatkan keutamaan yang berlimpah, selain itu wudhu yang baik, benar dan sempurna juga akan membuat ibadah sholat yang dilakukan setelahnya menjadi lebih khusyu. Semoga kita senantiasa menjaga kebersihan dan melaksanakan ibadah wudhu dengan sempurna serta membaca doa setelah wudhu dengan khushu'.

 

Baca Juga: 5 Tradisi Sambut Bulan Muharram di Indonesia

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp