Sering Dibenci, Inilah 10 Keutmaan Hari Senin yang Tidak Disadari

By. Dewi Savitri - 18 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Hari Senin sering kali dianggap kurang menyenangkan bagi banyak orang. Setelah menikmati waktu libur pada hari Minggu, terkadang sulit untuk kembali bekerja di hari Senin. Namun, ternyata dalam Islam, terdapat banyak keutamaan yang terkait dengan hari Senin. Berikut ini adalah 10 keutamaan hari Senin dalam Islam:

 

Baca Juga: Kemuliaan 10 Muharram atau Hari Asyura

 

1. Hari Kelahiran dan Kematian Rasulullah

 

Salah satu keutamaan besar dari hari Senin adalah bahwa itu adalah hari kelahiran dan kematian Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah, Rasulullah bersabda, "Hari itu adalah hari kelahiran saya dan hari saya diutus, atau diturunkannya Al-Qur'an kepadaku." (HR. Muslim)

 

2. Hari Mendapatkan Ampunan

 

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda bahwa pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Pada hari ini, dosa-dosa hamba yang tidak mempersekutukan Allah dengan apapun akan diampuni, kecuali bagi mereka yang masih terlibat dalam permusuhan dengan saudara muslimnya. (HR. Muslim)

 

3. Hari Setor Amalan

 

Hari Senin adalah hari di mana amal perbuatan manusia diperiksa oleh Allah dua kali dalam seminggu, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Pada hari ini, Allah mengampuni dosa-dosa hamba yang beriman, kecuali bagi mereka yang masih terlibat dalam permusuhan dengan saudara muslimnya. (HR. Muslim)

 

4. Hari yang Dianjurkan untuk Puasa Senin-Kamis

 

Rasulullah SAW sangat antusias dan sungguh-sungguh dalam berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ia menyatakan bahwa amal perbuatan manusia diperiksa pada hari-hari ini. Oleh karena itu, berpuasa pada hari Senin dan Kamis merupakan amalan yang dianjurkan dalam Islam. (HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah, Imam Ahmad)

 

5. Hari Diciptakannya Pohon

 

Dalam sebuah hadis, disebutkan bahwa Allah menciptakan pohon pada hari Senin. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya hari ini dalam urutan penciptaan yang dilakukan oleh Allah.

 

6. Hari Diturunkannya Al-Qur'an

 

Hari Senin juga memiliki keutamaan karena pada hari ini Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini menunjukkan betapa besar nilai dan pentingnya Al-Qur'an dalam agama Islam.

 

Baca Juga: Jum'at Berkah, Ini Dia Keutamaan Hari Jum'at dalam Islam

 

7. Hari Kedatangan Rasulullah ke Madinah saat Hijrah

 

Hari Senin juga memiliki keutamaan karena pada hari ini, Rasulullah dan para sahabatnya tiba di Madinah saat hijrah dari Mekah. Momen ini memiliki makna yang sangat penting dalam sejarah Islam.

 

8. Hari yang Baik untuk Berobat

 

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menyebutkan bahwa hari Senin dan Selasa adalah hari yang baik untuk berobat. Dalam sebuah hadis, disebutkan bahwa Allah menyembuhkan Nabi Ayyub dari penyakitnya pada hari Senin. Oleh karena itu, hari ini dianggap sebagai waktu yang baik untuk mencari kesembuhan. (Sunan Ibnu Majah)

 

9. Hari Naiknya Nabi Idris as ke Langit

 

Dalam Al-Qur'an, disebutkan bahwa Nabi Idris AS diangkat ke martabat yang tinggi oleh Allah. Hal ini terjadi pada hari Senin. Keutamaan ini menggambarkan kebesaran dan keagungan Allah dalam mengangkat hamba-Nya.

 

10. Hari Nabi Musa as Pergi ke Gunung Thursina

 

Hari Senin juga memiliki keutamaan karena merupakan hari di mana Nabi Musa AS pergi ke Gunung Thursina dan menerima perintah-perintah Allah. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya hari ini dalam perjalanan sejarah agama Islam.

 

Dengan mengetahui keutamaan-keutamaan ini, kita dapat memahami bahwa hari Senin memiliki makna yang mendalam dalam Islam. Oleh karena itu, marilah kita menjadikan hari Senin sebagai kesempatan untuk memperbanyak amalan baik, berpuasa, berobat, dan berintrospeksi diri. Semoga dengan memanfaatkan hari Senin dengan baik, kita dapat mendapatkan berkah dan keberkahan dalam hidup kita serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Berbohong

 

Wallahu A'lam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp