Kuli Bangunan Naik Haji? Inilah Kisah Djaelani

By. Dewi Savitri - 18 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Kisah perjuangan Mohammad Djaelani, seorang kuli bangunan asal Saradan, Madiun, dalam menunaikan ibadah haji menjadi inspirasi bagi banyak orang. Dari ceritanya, terdapat pesan penting tentang ketekunan, konsistensi, dan kepercayaan kepada Allah yang patut dicontoh.

 

Baca Juga: Jum'at Berkah, Ini Dia Keutamaan Hari Jum'at dalam Islam

 

Dikutip dari jatim.jpnn.com, Djaelani memulai kisahnya dengan pekerjaan sederhana sebagai kuli bangunan sejak tahun 1980. Meskipun penghasilannya terbatas, ia tekun mengelola keuangan hasil jerih payahnya untuk mewujudkan impian menunaikan ibadah haji. Selama 27 tahun, ia mengumpulkan uang dari tabungan dan pengorbanan pribadinya hingga mencapai Rp 5 juta.

 

Pada tahun 2007, Djaelani menggunakan uang tersebut untuk membeli seekor sapi. Dua tahun kemudian, sapi tersebut dijual dengan harga Rp 8 juta. Dari hasil penjualan itu, muncul keinginan Djaelani untuk membeli sebidang tanah senilai Rp 10 juta. Dengan pinjaman Rp 2 juta dari bank, ia berhasil membeli tanah tersebut.

 

Dengan tekad dan keinginan yang kuat, Djaelani bernazar bahwa jika tanahnya laku terjual, ia akan menggunakan hasilnya sebagai uang muka untuk menunaikan ibadah haji. Keajaiban pun terjadi, tanahnya terjual dengan harga Rp 25 juta. Tanpa ragu, Djaelani langsung menggunakan uang tersebut untuk mendaftar haji.

 

Djaelani merasa bahwa Allah tidak pernah meninggalkan hamba-Nya yang berusaha dan bekerja keras. Meskipun penghasilannya tidak banyak, rezeki Djaelani terus bertambah. Bahkan, ia mendapatkan kesempatan menjadi modin, mengurus jenazah di desanya, yang memberikan penghasilan tambahan seikhlasnya dari Allah.

 

Baca Juga: Kisah Hati Nabi Muhammad SAW Dicuci dengan Air Zamzam

 

Rezeki tambahan yang diperoleh Djaelani diinvestasikan dengan membeli sapi. Ketika tiba waktunya, ia menjual sapi tersebut untuk melunasi biaya haji. Bagi Djaelani, tidak masalah kehilangan sapi, karena yang terpenting baginya adalah dapat menunaikan rukun Islam yang kelima, yaitu haji.

 

Akhirnya, Djaelani berangkat ke Tanah Suci bersama jamaah calon haji lainnya pada Kloter 7 Embarkasi Surabaya. Perjuangan dan ketekunan Djaelani selama bertahun-tahun telah membuahkan hasil, dan kisahnya menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang.

 

Kisah Mohammad Djaelani menunjukkan bahwa dengan tekad yang kuat, konsistensi, dan kepercayaan kepada Allah, impian yang tampaknya tidak mungkin dapat tercapai. Dalam menghadapi berbagai rintangan dan keterbatasan, kita dapat belajar dari ketekunan dan keikhlasan Djaelani dalam mencapai tujuannya. Semoga kisah ini dapat memotivasi kita untuk terus berusaha dan percaya bahwa setiap perjuangan akan mendapatkan hasil yang baik di sisi Allah.

 

Baca Juga: Nabi Ayyub AS : Sosok Nabi yang Miliki Kesabaran Luar Biasa

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp