Jangan Berlebihan, Ini Dia 7 Adab Berhias Diri dalam Islam

By. Dewi Savitri - 20 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Tubuh dan wajah yang kita miliki adalah anugerah dari Allah yang wajib disyukuri dan tidak boleh disia-siakan dengan berbuat maksiat. Sebagai bentuk mensyukurinya, kita harus merawatnya dengan baik dan menjadikannya sarana beribadah. Tubuh dan wajah tidak boleh dieksploitasi untuk memuaskan syahwat lawan jenis secara tidak sah, atau agar dinikmati oleh orang lain yang bukan suami atau istri. Oleh karena itu, merawat tubuh dan menghiasinya untuk menyenangkan pasangan kita, yaitu suami atau istri, merupakan kebaikan yang dianjurkan dalam Islam.

 

Baca Juga: Khawatir Bau Badan? Ini Dia 8 Tips Atasi Bau Badan Saat Umrah

 

Berhias dalam Islam tidak hanya terbatas pada tata rias wajah, tetapi juga termasuk pakaian. Pakaian sederhana kita dapat menjadi indah dan menarik dengan ditambah hiasan yang sesuai. Namun, perlu diingat bahwa wanita sebaiknya menghindari salon-salon kecantikan yang ditangani oleh laki-laki, karena bertemu dengan laki-laki yang bukan muhrimnya adalah hal yang dilarang dalam agama dan dianggap haram.

 

Jika kita ingin berhias, terdapat beberapa rambu-rambu atau batasan-batasan yang harus diperhatikan agar tidak melanggar syariat Islam yang telah ditetapkan oleh Allah:

 

1. Niat yang Lurus

 

Berhiaslah hanya untuk beribadah dan sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan, bukan untuk menarik perhatian lawan jenis dengan cara yang tidak sah.

 

2. Gunakan Bahan yang Halal

 

Dalam berhias, hindari penggunaan bahan-bahan yang dilarang oleh agama, seperti yang termasuk dalam kategori najis atau haram.

 

3. Hindari Simbol Non-Muslim

 

Tidak boleh menggunakan hiasan yang memuat simbol non-Muslim, agar tidak mengandung unsur kesyirikan.

 

4. Tidak Berlebihan

 

Jangan berhias secara berlebihan yang dapat menyimpang dari kaidah kesederhanaan yang diajarkan oleh Islam.

 

Baca Juga: Ini Dia 10 Rekomendasi Kutek Wudhu Friendly Halal yang Wajib Dicoba!!

 

5. Jangan Berhias Seperti Orang Jahiliah

 

Hindari gaya berhias yang meniru cara berhias orang jahiliah atau kafir.

 

6. Sesuai Kelaziman dan Kepatutan

 

Berhiaslah sesuai dengan adat dan budaya yang berlaku, dengan memperhatikan jenis kelamin.

 

7. Tidak untuk Berfoya-Foya

 

Berhiaslah dengan tujuan yang baik dan bermanfaat, bukan untuk berfoya-foya yang berlebihan dan menghambur-hamburkan harta.

 

Baca Juga: 8 Adab Berpakaian Bagi Muslim Sesuai Syariat Islam

 

Dengan mematuhi batas-batas berhias dalam Islam, kita dapat menghargai karunia Allah yang diberikan kepada kita dan menjadikan hiasan sebagai sarana beribadah dan bentuk syukur atas nikmat-Nya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi pengingat bagi kita dalam berhias sesuai dengan tuntunan agama Islam.

 

Sekian pembahasan Batemuri kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp