8 Adab Bercermin dalam Islam, Bagaimana Caranya?

By. Dewi Savitri - 20 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Bercermin telah menjadi kebiasaan kita sehari-hari, mulai dari saat bangun tidur, bersiap berangkat ke kantor, hingga berada di kamar mandi. Aktivitas ini membuat kita menyadari kekurangan fisik dan penampilan, dan memotivasi kita untuk merapikannya. Namun, dalam Islam, terdapat adab-adab yang perlu diperhatikan ketika bercermin agar tetap dalam koridor ajaran agama dan menjauhi bisikan setan.

 

Baca Juga: Jangan Berlebihan, Ini Dia 7 Adab Berhias Diri dalam Islam

 

Dalam konteks Islam, bercermin merujuk pada berhias. Bercermin dalam hal ini adalah melihat muka atau diri sendiri dalam cermin. Perlu dicatat bahwa bercermin itu sendiri tidak dilarang dalam Islam, namun perlu diikuti beberapa adab agar kita terhindar dari godaan setan.

 

Berikut adalah beberapa adab bercermin atau berhias dalam Islam yang perlu kita perhatikan:

 

1. Berdoa Sebelum Bercermin

 

Sebagai muslim, segala sesuatu yang kita lakukan harus diawali dengan doa. Begitu pula ketika bercermin, disarankan untuk berdoa dengan doa berikut: “Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah kejadianku, maka perindah pula akhlakku.” (HR. Ahmad)

 

2. Mensyukuri Nikmat Allah

 

Adab bercermin selanjutnya adalah mensyukuri apa yang kita miliki. Melalui cermin, kita dapat melihat bagaimana Allah menciptakan kita dalam bentuk yang terbaik. Allah SWT berfirman dalam surat At-Tiin ayat 4, “Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS. At-Tiin : 4). Artinya, manusia telah diciptakan dengan fisik yang sempurna dan seimbang, sesuai dengan letak anggota badan. Dengan menyadari bahwa kita diciptakan oleh Allah dalam bentuk yang terbaik, hendaknya kita senantiasa bersyukur atas nikmat-Nya.

 

3. Tidak Berlebihan

 

Bercermin sebaiknya dilakukan secara wajar dan tidak berlebihan. Hindari kebiasaan bercermin setiap detik karena takut riasan menjadi berantakan atau alasan lainnya. Selain itu, jangan sampai kita terlalu lama bercermin, karena hal ini bisa menimbulkan perasaan tertekan dan cemas yang berlebihan. Ingatlah selalu untuk tetap bersyukur atas apa yang telah Allah berikan.

 

4. Bercermin dengan Bijaksana

 

Bercermin sebaiknya dilakukan dengan bijaksana dan tidak terlalu lama. Terlalu lama bercermin bisa membuat kita menjadi lupa untuk bersyukur atas nikmat-Nya.

 

Baca Juga: 8 Adab Berpakaian Bagi Muslim Sesuai Syariat Islam

 

5. Jangan Sombong dan Memperlihatkan Kepada Orang Lain

 

Kecantikan dan kesempurnaan fisik yang Allah berikan hendaknya tidak menjadikan kita sombong dan memperlihatkan kelebihan kepada orang lain. Ingatlah bahwa sifat sombong sangat dilarang dalam Islam dan merupakan sifat yang dibenci oleh Allah SWT.

 

6. Tetap Rendah Hati

 

Ketika bercermin, hendaknya kita tetap rendah hati atau tawadhu'. Keutamaan sikap rendah hati dalam Islam akan menghindarkan kita dari perilaku yang merendahkan orang lain dan berbuat sewenang-wenang terhadap mereka. Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh, Allah mewahyukan kepadaku agar kalian tawadhu’ (rendah hati), sampai seseorang tidak membanggakan diri kepada orang lain dan seseorang tidak sewenang-wenang kepada orang lain.” (HR. Muslim)

 

7. Bersikap Sabar

 

Kadang-kadang, kondisi fisik kita bisa berubah karena suatu kecelakaan atau sejak lahir dengan keadaan seperti itu. Dalam situasi seperti ini, bersikap sabar adalah hal terbaik yang dapat kita lakukan. Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh menakjubkan keadaan orang mukmin, karena semua urusannya adalah baik. Jika ia mendapatkan kesenangan lalu ia bersyukur, maka yang demikian itu lebih baik baginya. Dan ketika ia tertimpa kesusahan lalu ia bersabar, maka yang demikian itu lebih baik baginya.” (HR. Muslim)

 

8. Tidak Berkecil Hati

 

Dalam Islam, manusia adalah makhluk yang memiliki kekurangan, termasuk dari segi fisik. Oleh karena itu, ketika kita dihadapkan pada kekurangan, jangan berkecil hati. Tetap bersyukur dan bersabar merupakan jalan terbaik yang dapat kita lakukan.

 

Baca Juga: Ini Dia 10 Rekomendasi Kutek Wudhu Friendly Halal yang Wajib Dicoba!!

 

Itulah beberapa adab bercermin dalam Islam yang perlu kita perhatikan. Semoga dengan mengamalkan adab-adab ini, kita senantiasa menjadi hamba yang selalu bersyukur dan mendapat perlindungan dari Allah SWT.

 

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp