Peranan Haji Indonesia Terhadap Politik

By. Siti Rahmawati - 20 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Kegiatan ibadah haji pada tahun-tahun pertengahan abad ke-19 mengalami kenaikan yang signifikan. Banyak kegiatan yang mereka kerjakan sewaktu berada di tanah suci. Bagi kaum yang mempunyai dedikasi tinggi terhadap nasib bangsanya mereka lebih memilih untuk tinggal di sana dan mempelajari berbagai bidang ilmu agama maupun ilmu-ilmu lainnya.

 

Bagi mereka yang langsung pulang setelah menunaikan haji tentunya juga memberikan dampak psikologis bagi dirinya sendiri dan memberikan pemahaman lebih mengenai Islam bagi orang lain. Mereka yang belajar di tanah suci pada abad 19 umumnya mempunyai tujuan selain untuk dapat memperoleh ilmu yang cukup ada juga yang mencari dukungan dari berbagai pihak untuk mengusir penjajah Indonesia melalui pembentukan organisasi-organisasi Islam.

 

Baca juga : 

 

Pemerintah kolonial Belanda saat menjajah Indonesia merasa perlu menerapkan kebijakan haji, bahkan mengirimkan seseorang untuk mempelajari dan meneliti kegiatan umat Islam saat melakukan ibadah ini. Tujuan politik itu adalah untuk melihat seberapa kuat pengaruhnya bagi pergerakan umat Islam di Indonesia. Pemerintah Belanda pun tidak melupakan kenyataan bahwa pelbagai perlawanan umat Islam memang banyak dimotori oleh para haji dan ulama.

 

Banyak kalangan Belanda yang berpendapat bahwa ibadah haji menyebabkan pribumi menjadi fanatik. Untuk lebih membatasi gerak umat Islam, dikeluarkanlah ordonansi yang antara lain berisi, larangan bagi umat Islam Indonesia pergi ke Makkah jika tidak mempunyai pas jalan.

 

Dalam hal ini, Snouck Hurgronje berusaha mendudukkan masalah antara ibadah haji dan fanatisme. Menurutnya, haji-haji itu tidak berbahaya bagi kedudukan pemerintahan kolonial di Indonesia, yang mungkin sekali berbahaya ialah apa yang disebutnya sebagai koloni Jawa, yaitu daerah tempat tinggal orang-orang yang berasal dari Indonesia di Mekah. Mereka telah menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang persatuan kaum muslimin sedunia dikarenakan pergaulan hidup bertahun-tahun.

 

Di sana mereka memperoleh bacaan-bacaan di tempat pendidikan agama dan turut serta dalam kehidupan dan usaha-usaha Pan-Islamisme Dengan begitu haji sangat ditakuti, hajiphobia sebagai bagian dari Islamophobia. Dikarenakan adanya pandangan seperti itu maka orang yang akan melaksanakan ibadah haji selalu dihalangi dengan jalan harus memperoleh izin terlebih dahulu dari penguasa Belanda.

 

Baca juga : Piagam Madinah : Interelasi Islam dan Politik

 

Aktifitas ibadah haji yang dilakukan masyarakat Indonesia pada masa kolonial mempengaruhi pemikiran politik orang Islam. Hal itu ditandai dengan munculnya organisasi-organisasi politik Islam yang direpresentasikan oleh Syarikat Islam (SI) kemudian berubah menjadi PSII dan Permi (Persatuan Muslimin Indonesia).

SI merupakan organisasi yang didirikan pada tahun 1912 oleh seorang haji bernama Samanhudi. SI tumbuh dari organisasi yang mendahuluinya yaitu Syarikat Dagang Islam (SDI) yang lahir pada 16 Oktober 1905.

 

Tujuan organisasi ini untuk mengimbangi hegemoni Cina dalam perdagangan batik di Solo serta adanya tekanan politik dari para bangsawan. Adapun Permi merupakan sebuah partai yang pada awal mulanya berbentuk organisasi sosial dan keagamaan dalam bidang pendidikan (karena berkaitan erat dengan Sumatera Thawalib) yang didirikan pada tahun 1930. Permi kemudian mengalami transformasi menjadi partai politik setelah mendapat pengaruh yang kuat dari dua orang tokoh yang menunaikan haji dan belajar di Mesir, yaitu Haji Ilyas Jakub dan Mukhtar Lutfi.

 

Hal yang memunculkan kedua organisasi tersebut salah satunya berasal dari pengaruh ide-ide pemikiran politik Islam di Timur Tengah. Pengaruh pemikiran tersebut dibawa pulang ke Indonesia oleh ulama haji ketika mereka melihat bahwa umat Islam Indonesia sedang mengumpulkan dan menyatukan kekuatan melawan penjajah.

 

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp