Wakaf Al-Quran di Masjid Nabawi Madinah

By. Siti Rahmawati - 20 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Salah satu amalan yang lazim dilakukan oleh jemaah umrah/jemaah haji Indonesia yang mengunjungi Masjidil Haram atau Masjid Nabawi adalah wakaf Al-Qur'an. 

Ini tipsnya. Wakaf Al-Qur'an di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menjadi incaran banyak jemaah dikarenakan adanya keutamaan berlipat ganda terkait amalan yang dilakukan di dua masjid suci ini.

 

Sebgaimana sabda nabi ,

"Shalat di masjidku ini lebih utama daripada 1.000 salat di masjid lainnya, kecuali di Masjidil Haram. Dan salat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 salat di masjid lainnya,"

(HR Ibnu Majah dan Ahmad)

 

Sumber gambar : Pixabay

 

Baca juga:

 

Lalu, bagaimana jika ada jemaah yang ingin melakukan wakaf Al-Qur'an di dua masjid suci ini? Walau berniat baik, tidak sembarang Al-Qur'an dapat ditaruh di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Ada standar dan penanda khusus yang disematkan di Al-Qur'an yang lazim disebut Al-Qur'an mushaf Madinah ini.

 

Jika Al-Qur'an tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, maka akan terkena sweeping petugas dan dapat dikeluarkan dari rak buku, untuk kemudian didistribusikan ke masjid-masjid lainnya. Jadi jemaah memang wajib berhati-hati.

 

Di banyak toko di Madinah, Al-Qur'an mushaf Madinah dijual mulai dari harga 35 Riyal atau setara Rp 140 ribu hingga 45 Riyal atau Rp 180 ribu (dengan kurs Rp 4 ribu/ riyal).

Setelah Al-Qur'an dibeli, bagaimana cara menyampaikannya ke dalam masjid suci ini? Ada dua cara yaitu dengan langsung menaruhnya di rak Al-Qur'an atau menggunakan pihak kedua dengan cara menitip. Buat jemaah umrah atau haji khusus, cara kedua lazim dipergunakan.

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp