Jangan Lupa Berdoa, Inilah 6 Adab Jenguk Orang Sakit dalam Islam

By. Dewi Savitri - 21 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemurtour.com- Hai sobat batemuri!! Kehidupan manusia tak luput dari dua kondisi, yaitu sehat dan sakit. Meskipun masa sehat biasanya lebih panjang, seringkali manusia kurang bersyukur atas nikmat tersebut. Sebaliknya, ketika terkena sakit, banyak yang mengeluh dan kesulitan untuk bersabar menghadapinya, meskipun sakitnya hanya sebentar.

 

Baca Juga: Hati-hati, Inilah Hukum Memakan Harta Anak Yatim dalam Islam

 

Sebagai makhluk sosial, manusia tak mampu hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain saat menghadapi masalah besar atau situasi sulit. Saat sakit, manusia perlu konsultasi dan berobat ke dokter, serta membutuhkan perhatian dan dukungan dari keluarga, saudara, atau sahabat dekatnya.

 

Agama juga menganjurkan untuk berobat saat sakit dan mencegah penyakit. Selain itu, agama juga mendorong untuk menjenguk orang yang sedang sakit, kecuali jika dokter melarangnya. Menjenguk orang sakit diharapkan bisa meringankan penderitaan dan mempercepat kesembuhannya. Namun, dalam praktiknya, terkadang perilaku orang-orang yang menjenguk tak mengikuti adab-adab yang seharusnya, malah membuat penderitaan orang sakit bertambah dan kondisinya semakin memburuk.

 

Dikutip dari nuonline, Al-Imam al-Ghazali, memberikan beberapa adab yang harus diikuti saat menjenguk orang sakit yaitu sebagai berikut:

 

1. Tidak berlama-lama di sisinya

 

Hal ini untuk menghindari membuat orang sakit merasa bosan karena ada terlalu lama.

 

2. Minimalkan pertanyaan tentang kondisinya

 

Terlalu banyak bertanya tentang kondisi kesehatannya dapat menyusahkan hati orang sakit.

 

Baca Juga: Jangan Berlebihan, Ini Dia 4 Adab Takziah dalam Islam

 

3. Tunjukkan rasa belas kasihan

 

Menunjukkan rasa empati dan belas kasihan kepada orang sakit bisa menguatkan hatinya.

 

4. Mendoakan kesembuhannya

 

Doa merupakan kekuatan spiritual yang dapat memberikan dukungan bagi orang sakit.

 

5. Jaga pandangan mata

 

Hindari melihat hal-hal yang tidak patut dilihat oleh orang yang sedang sakit.

 

6. Hormati makanan atau minuman yang diberikan

 

Jika ada makanan atau minuman yang disajikan saat berada di samping orang sakit, tak perlu menyantapnya atau meminumnya.

 

Baca Juga: 7 Bahaya Tidak Segera Lunasi Hutang

 

Semua adab tersebut penting untuk diingat saat menjenguk orang sakit agar kunjungan kita bisa memberikan manfaat dan kenyamanan bagi mereka. Adab-adab tersebut adalah bentuk penghormatan dan perhatian kita kepada orang yang sedang dalam situasi rentan karena sakit. Dengan mengikuti adab menjenguk yang benar, kita dapat memberikan dukungan dan kehangatan pada saat yang penuh tantangan bagi orang yang sedang berjuang melawan penyakitnya. Semoga kunjungan kita menjadi sebuah amal baik dan mendatangkan kebahagiaan bagi orang yang sedang dalam kesulitan.

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp