Jalan-Jalan ke Kampung Pelangi, Destinasi Wisata di Semarang yang Mendunia!

By. Danan - 31 Jan 2023

Bagikan:
img

Hai sobat! Tahu nggak destinasi unik yang berada di Semarang?

Ya, Kampung Pelangi namanya.

Kampung Pelangi berlokasi di Jl. Dr. Sutomo No.89, Randusari, Semarang Selatan. Sebelumnya, kampung ini merupakan daerah pemukiman kumuh dimana rumahnya berdinding bata dan tidak dicat. Pembangunannya pun tidak beraturan. Lalu ide merubah kampung menjadi lebih berwarna berasal dari Kepala Sekolah bernama Slamet Widodo dibantu dengan kerjasama dari warga sekitar dan walikota setempat.

Ada sekitar 300 rumah yang dicat warna warni. Tidak hanya rumah, jembatan, jalan sekitar juga ikut diwarnai, bahkan terdapat banyak mural 3D dan panel polkadot untuk memberikan kesan estetika dan dapat dijadikan sebagai spot foto yang instagramable loh sobat!

Berkat kerjasama dan kontribusi yang diberikan oleh warga sekitar, Kampung Pelangi menjadi sorotan dunia dan diliput oleh berita ternama seperti Vogue, Buzzfeeds, hingga Reuters.

Daya Tarik apa saja sih yang terdapat di Kampung Pelangi?

  1. Terdapat mural dan banyak lukisan

Ketika mengelilingi Kampung Pelangi, kamu akan disuguhkan pemandangan yang estetik dengan dihiasi warna warni di sepanjang kampung dengan beraneka ragam mural 3D, polkadot, hingga mural bermakna tulisan.

Selain itu, tempat ini juga telah dihiasi dengan berbagai pernak – pernik dari bahan dasar sampah bekas yang sebelumnya telah diolah dengan baik.

Keindahan kampung ini juga dihiasi dengan payung-payung warna warni yang menggantung dan pastinya dapat menjadi spot foto sosial media kalian lho, sobat!

  • Kampung yang bersih

Kampung ini sangat terjaga kebersihannya, dilihat dari sungainya yang sama sekali tidak ada sampah, dan jalan sekitarnya pun bersih. Ini semua berkat bantuan dari wisatawan yang menjaga kebersihan dan warga sekitar yang selalu bergotong royong.

  • Gembok Cinta

Di kampung ini juga terdapat Gembok Cinta seperti Love Lock Namsan Tower yang terdapat di Korea, di Semarang pun juga ada sobat! Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Korea, bukan?

Pada kawasan ini, kamu bisa membeli gembok kemudian menuliskan nama kamu dan pasangan. Setelah itu, gantungkan gembok ke jembatan.

Mitosnya, orang yang menggantungkan gembok lalu menulis namanya dan pasangannya, akan berjodoh dan cintanya akan abadi.

  • Harga tiket yang murah

Saat ini Kampung Pelangi ramai dikunjungi baik dari wisatawan local maupun luar negeri. Jika kamu ingin berkunjung kesana, kamu hanya perlu membayar tiket seharga Rp. 3.000 dan parkir seharga Rp. 2.000 saja lho sobat! Tidak menguras kantong, bukan?

Nah berikut informasi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat. Jika kamu ingin melakukan trip atau ke Kampung Pelangi ini? Sama Batemuri aja.

 

Foto : Shutterstock



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp