6 Adab Keluar Rumah Agar Tetap Berkah

By. Dewi Savitri - 24 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Seperti halnya ketika memasuki rumah, keluar rumah juga memiliki adab yang harus diindahkan. Tidak sepatutnya kita keluar begitu saja tanpa memperhatikan etika yang ada, karena adab-adab ini memiliki hikmah tersendiri. Etika ini mencerminkan sikap baik dan budi pekerti yang seharusnya dimiliki oleh seorang Muslim.

 

Baca Juga: 3 Adab Saat Bersin dalam Islam yang Harus Diketahui

 

Oleh karena itu, mari kita ubah kebiasaan buruk kita yang seringkali keluar rumah tanpa memperhatikan adab, dan mulailah melakukan beberapa adab keluar rumah berikut ini:

 

1. Mengucapkan Salam kepada Keluarga

 

Sebelum keluar dari rumah, hendaknya mengucapkan salam kepada keluarga yang ada di dalam rumah. Mengucapkan salam adalah tanda kebaikan dan menyampaikan pesan cinta kepada mereka sebelum berpisah.

 

2. Membaca Doa Sebelum Keluar

 

Sebelum keluar rumah, bacalah doa: "Bismillahi Tawakkaltu 'alallah Wala haula Wala quwwata Illa Billah" yang artinya "Dengan nama Allah, aku bertawakkal (berserah diri). Tiada daya dan upaya melainkan dari Allah." Doa ini menunjukkan ketundukan dan kepercayaan kepada Allah, yang mengajarkan bahwa segala usaha kita hanya akan berhasil dengan izin-Nya.

 

3. Menutup Pintu dengan Perlahan

 

Saat hendak keluar rumah, tutuplah pintu dengan perlahan. Selain sebagai tanda sopan santun, tindakan ini juga melambangkan kehati-hatian dan kepedulian terhadap anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah.

 

4. Membaca Doa Ketika Mengendarai Kendaraan

 

Jika Anda menggunakan kendaraan untuk keluar rumah, bacalah doa: "Subhanalladzi skhara lanaa haadza wama kunna lahuu Muqriniin" yang artinya "Maha suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, dan sebelumnya kami semua tidak mampu menguasainya" (QS. Az-Zukhruf: 13). Doa ini menyiratkan rasa syukur atas anugerah yang diberikan Allah dan juga sebagai permohonan keselamatan dalam perjalanan.

 

Baca Juga: Ini Dia 12 Adab Bertetangga dalam Islam Agar Hidup Rukun

 

5. Keluar dengan Keadaan Senang dan Ridha

 

Sebaiknya keluar rumah dalam keadaan senang dan ridha. Hindari keluar dalam keadaan marah, karena dapat mempengaruhi perilaku dan sikap Anda saat berada di luar rumah.

 

6. Menjauhi Pekerjaan yang Tidak Halal

 

Sebagai seorang Muslim, penting untuk menjauhi segala bentuk pekerjaan yang tidak halal. Hindari terlibat dalam transaksi yang bertentangan dengan ajaran agama, agar mendapatkan berkah dalam segala aktivitas yang dilakukan.

 

Dengan mengindahkan adab keluar rumah seperti yang telah ditetapkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya, insya Allah, kita akan senantiasa mendapatkan perlindungan-Nya saat berada di luar rumah. Baik itu dari marabahaya maupun dari niat jahat orang lain yang ingin merugikan kita.

 

Dengan mematuhi adab-adab tersebut, kita akan menjalani kehidupan dengan lebih baik dan bermakna sesuai dengan ajaran Islam. Mari kita perbaiki sikap dan perbuatan kita agar selalu berada di bawah lindungan Allah SWT dalam setiap langkah yang kita ambil. Semoga Allah memberikan keberkahan dalam setiap langkah kita dan melimpahkan rahmat-Nya kepada kita. Amin.

 

Baca Juga: Cari Nafkah Berkah dengan Mengikuti 7 Adab Jual Beli dalam Islam

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp