Rencana Pengintegrasian Siskohat dengan JKN

By. Siti Rahmawati - 24 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Siskohat merupakan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dia bukan satuan kerja, lebih tepatnya adalah alat pendukung kerja.

 

Setiap terkait dengan koneksi jaringan dan data haji di Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) akan memanfaatkan fasilitas teknologi ini. Pendaftaran, pembatalan, pelunasan dan terkait dengan haji akan memberdayakan sistem ini untuk validitas data.

 

Melansir dari laman Infopublik.id. Pada penyelenggaraan haji tahun depan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan akan mengintegrasikan Sistem Informasi dan Komputerisasi Terpadu (Siskohat) dengan database JKN yang mencakup rekam medis selama di tanah air.

 

Baca juga : 

 

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes Ariyanti Anaya selaku Tim Asistensi Kesehatan yang didampingi PPIH Kemenkes bertemu dengan KJRI Eko Hartono di Jeddah pada Minggu (9/7/2023).

 

“Masalah yang sering dihadapi dalam penyelenggaraan kesehatan haji adalah tidak adanya rekam medis jemaah haji sebelum penyelenggaraan haji,” kata Ariyanti melalui keterangan resmi yang dikutip InfoPublik Senin (10/7/2023).

 

Dengan terintegrasinya Siskohatkes dengan database JKN maka, lanjut Ariyanti diharapkan sudah diperoleh gambaran kesehatan jemaah haji sehingga menjadi pertimbangan dalam penyiapan tenaga kesehatan dan obat-obatan.

 

Eko juga mendorong agar pada penyelenggaraan haji selanjutnya Kemenkes dan Kementerian Agama harus terus meningkatkan kerja sama dan kolaborasi dalam penyelenggaraan ibadah haji.

 

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada bapak Konjen beserta jajaran yang sudah membantu kelancaran pelaksanaan kesehatan haji di Arab Saudi tahun ini,” kata Ariyanti.

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp