2 Cara Cek Nomor Porsi Perkiraan Keberangkatan Haji

By. Siti Rahmawati - 25 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Calon jemaah haji yang akan menunaikan ibadah ke Tanah Suci dapat melakukan cek nomor porsi untuk melihat perkiraan keberangkatan. Porsi haji merupakan nomor urut estimasi atau perkiraan keberangkatan haji yang disesuaikan dengan kuota haji dari Kementerian Agama.

 

Dikutip dari laman resmi Kemenag, Selasa (13/6/2023), tahun ini Indonesia mendapatkan 221.000 kuota jemaah haji yang terdiri atas 203.320 kuota jemaah reguler dan 17.680 kuota jemaah haji khusus.

 

Masa tunggu haji dari tahun ke tahun semakin lama seiring antrean jemaah haji yang terus memanjang sebab minat masyarakat untuk mendaftar haji semakin banyak. Bagi calon jemaah haji yang telah mendaftar, dapat memantau lama antrean haji secara daring apabila telah memiliki nomor porsi.

 

Mengingat setiap tahunnya pemerintah menentukan kuota haji dan jumlah pendaftar tidak boleh melebihi jumlah kuota yang ditetapkan, maka penting untuk para pendaftar haji untuk mengecek nomor porsi keberangkatan. 

 

Baca juga : 

 

Nomor porsi haji adalah nomor urut pendaftaran yang didapatkan jemaah ketika membayar setoran awal di bank penerima setoran guna pembiayaan atau ongkos naik haji.

 

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor porsi keberangkatan haji. Yang pertama, bisa melalui aplikasi Haji Pintar dan situs resmi yang disediakan oleh Kementerian Agama.

 

Aplikasi Haji Pintar ini menampilkan informasi porsi haji dengan cukup detail. Setelah nomor porsi dimasukkan, aplikasi ini akan menampilkan informasi dasar seperti nomor porsi, nama, tahun perkiraan keberangkatan, asal kota atau kabupaten, jumlah kuota provinsi, dan posisi porsi pada kuota provinsi. 

 

Perlu diingat, untuk dapat memberikan informasi mengenai porsi keberangkatan haji tersebut kamu harus mempunyai jaringan internet ya, karena aplikasi Haji Pintar membutuhkan koneksi data.

 

Baca juga : 

 

1. Cek porsi keberangkatan melalui aplikasi Haji Pintar

1. Buka aplikasi Haji Pintar di Google Playstore.

2. Lakukan instalasi.

3. Setelah aplikasi berjalan, pilih menu Estimasi Keberangkatan.

4. Masukkan nomor porsi haji.

5. Klik Submit.

6. Informasi akan tampil.

Kalau kamu gak mau repot install aplikasi ini di ponselmu, kamu bisa mengecek porsi haji melalui situs resmi.

 

2. Peran Siskohat dalam Program Ibadah Haji Indonesia

Adapun cara yang kedua terbilang lebih simpel karena tidak perlu mengunduh aplikasi apapun. Hanya perlu mengakses data Estimasi Keberangkatan Haji Kemenag untuk mendapatkan data-data tersebut, berikut langkah-langkahnya.

 

1. Buka website haji.kemenag.go.id

2. Klik menu dropdown Basis Data.

3. Klik Perkiraan Keberangkatan.

4. Masukkan nomor porsi di kolom yang disediakan.

5. Klik cari.

6. Seluruh informasi yang kamu butuhkan akan ditampilkan.

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp