Mengenal Qana'ah, Sifat Terpuji yang Harus Dimiliki Seorang Muslim !

By. Siti Rahmawati - 25 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Salah satu sifat yang terpuji dalam Islam adalah qanaah. Qanaah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang sudah diusahakan. Qanaah akan mengantarkan manusia pada perasaan cukup dan menjauhkan diri dari perasaan kurang dan rakus.

 

Mengingat betapa pentingnya sikap qanaah maka Islam mengajarkan umatnya untuk selalu bersikap qanaah. Orang yang mempunyai sikap qanaah akan merasa bahwa apa yang diperoleh atau yang ada pada dirinya tidak akan pernah terlepas dari takdir dan kehendak Allah.

 

Pengertian Qana’ah

Kata Qanaah berasal dari bahasa Arab Qana’a-yaqna’u-qana’an-qanaa’atan, yang berarti suka menerima yang dibagikan kepadanya, rela. Secara istilah Qana’ah berarti menerima keputusan Allah Swt. dengan tidak mengeluh, merasa puas dan penuh keridhaan atas keputusan Allah Swt., serta senantiasa tetap berusaha sampai batas maksimal kemampuannya.

 

Baca juga : 

 

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, qanaah atau kanaah diartikan sebagai rela menerima yang diberikan kepadanya oleh orangtua, atasan, ataupun oleh Allah.

 

Dapat diartikan pula qana'ah merasa cukup terhadap pemberian rezeki dari Allah Swt. Dengan sikap inilah maka jiwa akan menjadi tentram dan terjauh dari sifat serakah atau tamak. Orang yang bersikap qanaah, ia rela menerima kenyataan hidup yang dialami, tidak berkeluh kesah, tidak mengangan-angan kesenangan yang diterima orang lain.

 

Dalil Perintah Qana’ah

1. alٞ-Qur’َ an An-َ Nisa

 

وَلَا تَتَمَنَّوْا۟ مَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بِهِۦ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ لِّلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِّمَّا ٱكْتَسَبُوا۟ ۖ وَلِلنِّسَآءِ نَصِيبٌ مِّمَّا ٱكْتَسَبْنَ ۚ وَسْـَٔلُوا۟ ٱللَّهَ مِن فَضْلِهِۦٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمًا
 

Artinya: “Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (karena) bagi orang laki-laki ada bahagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu.”

(QS. An-Nisa [4]:32)

 

2. Surah Hud

 

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ
 

Artinya: “Dan tidak ada suatu binatang melatapun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).”

(QS. Hud [11]:6)

 

Baca juga:

 

Mengutip dari laman an-nur.ac.id, kata qanaah berasal dari bahasa Arab yaitu qana’a-yaqna’u-qana’an. Artinya adalah suka menerima yang dibagikan kepadanya secara sukarela. Sedangkan secara istilah, kata qanaah memiliki arti yaitu menerima keputusan Allah.

 

Setelah dijelaskan tentang pengertian qanaah dan dalil Al-Qur’an dan Hadits tentang qanaah, maka berikut ini adalah fungsi dari qanaah bagi manusia:

 

1. Membuat jiwa manusia akan merasa nyaman, aman, dan tenteram.

2.selalu toleran dan tidak mudah menyerah ketika berada di dalam kondisi yang tidak diinginkan.

3. Selalu merasa cukup dan optimis bahwa Allah akan menjamin rezeki makhluk-Nya jika mau berusaha dan berikhtiar.

4. Merasakan semangat yang tinggi ketika berbisnis atau bekerja.

5. Kontrol untuk semua orang agar tidak mudah terjerumus ke dalam keserakahan ketika mendapatkan rezeki yang terus menerus datang.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp