5 Adab yang Harus Diterapkan Saat Berzakat

By. Dewi Savitri - 25 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Zakat merupakan salah satu kewajiban dalam agama Islam yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Zakat dapat berupa makanan pokok (zakat fitrah) atau harta benda (zakat maal). Setelah mencapai nisab, kedua jenis zakat tersebut wajib dikeluarkan kepada orang-orang yang berhak menerimanya, seperti fakir, miskin, amil, sabilillah, ibnu sabil, garim, riqab, dan mualaf. Sebelum mengeluarkan zakat, ada adab tertentu yang perlu diperhatikan agar ibadah zakat kita benar-benar diterima oleh Allah dan menjadi sarana penguatan jiwa sosial seorang Muslim.

 

Baca Juga: 5 Adab Sedekah dan Keutamaannya dalam Islam

 

1. Niatkan dengan Ikhlas

 

Ketika akan mengeluarkan zakat, niatkanlah dengan tulus dan penuh keikhlasan semata-mata karena mengikuti rukun Islam dan taat kepada Allah. Jangan mengharapkan imbalan atau pujian dari orang lain. Ingatlah bahwa zakat adalah amal ibadah yang sangat dihargai oleh Allah.

 

2. Keluarkan Sesuai Nisab dan Jangan Curangi

 

Pastikan zakat yang dikeluarkan sesuai dengan nisab yang berlaku. Zakat fitrah dan zakat maal memiliki perhitungan dan ketentuan yang berbeda. Pastikan untuk mengikuti hukum agama Islam secara jujur dan tidak mencurangi kewajiban zakat.

 

3. Keluarkan Zakat dengan Diam-diam

 

Hindari memamerkan zakat yang kamu keluarkan. Sebisa mungkin, berikan zakat dengan diam-diam tanpa mengusik hati orang lain atau melakukan riya’ (pamer amal). Jaga keikhlasan dalam beramal agar Allah menerima ibadah kita dengan sepenuh hati.

 

Baca Juga: Hati-hati, Inilah Hukum Memakan Harta Anak Yatim dalam Islam

 

4. Utamakan Tetangga yang Membutuhkan

 

Beri prioritas kepada tetangga di sekitar rumah yang membutuhkan ketika akan mengeluarkan zakat. Kamu lebih memahami kondisi ekonomi mereka, sehingga zakat yang Anda berikan dapat benar-benar membantu mereka. Namun, jika sulit menemukan penerima zakat di sekitarmu, beralihlah ke lembaga penyalur zakat terpercaya untuk memastikan zakat yang kamu keluarkan sampai kepada yang berhak.

 

5. Jangan Mengungkit Zakat yang Diberikan

 

Hindari mengungkit zakat yang telah kamu berikan kepada orang lain. Hal ini termasuk perilaku yang haram dan tidak baik. Amal ibadah harus dilakukan dengan keikhlasan, dan mengungkit amal perbuatan menunjukkan rendahnya akhlak seseorang.

 

Zakat memiliki peran penting dalam menjaga hubungan sosial antar sesama Muslim dan pemerataan ekonomi di masyarakat. Dengan memperhatikan adab zakat, kita dapat menjalankan ibadah ini dengan ikhlas dan bermanfaat bagi penerima zakat. Semoga artikel ini membantu memperluas pemahamanmu tentang adab mengeluarkan zakat dalam Islam. Jadikan zakat sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah dan berbagi kebahagiaan dengan sesama.

 

Baca Juga: Nadzar Mensedekahkan Seluruh Harta di Jalan Allah, Begini Konsekuensinya!!!

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp