Ini Dia Hukum Memelihara Jenggot dalam Islam

By. Dewi Savitri - 26 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Islam sebagai agama yang lengkap mengatur segala aspek kehidupan, termasuk dalam hal berpenampilan. Salah satu ajaran penting dalam Islam terkait penampilan bagi kaum lelaki adalah memelihara jenggot. Bagaimana sebenarnya hukum dan keutamaan memelihara jenggot dalam Islam?

 

Baca Juga: Manfaat Bekam dan Hukumnya dalam Islam

 

Jenggot adalah rambut yang tumbuh di area wajah, meliputi dari bawah kuping, kedua sisi pipi, hingga dagu. Memelihara jenggot adalah salah satu ajaran yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, seperti yang terdapat dalam beberapa hadits.

 

Salah satu hadits yang mencatatkan perintah Nabi Muhammad SAW terkait jenggot adalah sebagai berikut, "Bedakanlah dirimu dengan orang-orang musyrik. Biarkanlah jenggot dan potonglah kumis." (HR Muslim). Hadits ini memberikan penjelasan bahwa pada masa lalu, orang-orang musyrik suka memelihara kumis. Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk membedakan diri dari kebiasaan orang-orang musyrik dengan memelihara jenggot dan mencukur kumis.

 

Hadits lain menyatakan, "Cukurlah kumis dan peliharalah jenggot." (HR. Bukhari: 5893 dan Muslim: 259). Hadits ini dengan jelas menyampaikan perintah Rasulullah SAW untuk memelihara jenggot dan mencukur kumis. Tujuan dari memelihara jenggot ini adalah untuk membedakan diri dari penampilan orang-orang musyrik pada masa itu.

 

Baca Juga: Cari Nafkah Berkah dengan Mengikuti 7 Adab Jual Beli dalam Islam

 

Namun, memelihara jenggot tidak hanya sekadar mengikuti sunnah. Salah satu keutamaan dari memelihara jenggot adalah karena jenggot dan rambut adalah fitrah bagi kaum lelaki. Fitrah sendiri adalah kecenderungan alamiah yang menjadi bagian dari kehidupan.

 

Dalam sebuah hadits, disebutkan, "Ada sepuluh macam fitrah, yaitu memendekkan kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung), memotong kuku, membasuh persendian, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ (cebok) dengan air." (HR. Muslim no. 627). Dalam hadits ini, terdapat sepuluh hal yang merupakan bagian dari fitrah manusia, dan salah satunya adalah memelihara jenggot.

 

Dari penjelasan hadits-hadits di atas, dapat disimpulkan bahwa memelihara jenggot adalah suatu kewajiban dan tuntutan fitrah bagi kaum lelaki Muslim. Selain mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW, memelihara jenggot juga membawa keutamaan dan berfungsi sebagai ciri identitas yang membedakan dari kebiasaan orang-orang kafir pada masa lalu. Oleh karena itu, sebagai Muslim, marilah kita memelihara jenggot sebagai bentuk ibadah dan menjaga fitrah yang Allah SWT anugerahkan kepada kita.

 

Baca Juga: Ini Dia Hukum Mewarnai Rambut dalam Islam

 

Sekian pembahasan Batemuri Tour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di batemuritour.cs@gmail.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp