Alasan Jazirah Arab Dipilih Sebagai Tempat Lahir dan Tumbuhnya Islam

By. Siti Rahmawati - 26 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Islam merupakan agama yang lahir dan tumbuh di daerah Arab hingga memiliki jumlah umat terbesar di dunia.

Namun yang kerap kali menjadi pertanyaan sebagian orang, mengapa jazirah Arab dipilih sebagai tempat kelahiran dan pertumbuhan Islam?

 

Mengapa Allah tidak menurunkan Islam di negara lainnya seperti Jepang, Amerika atau bahkan di negara kita Indonesia? Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Berikut ulasannya.

 

Arab negara yang damai dan fitrah

Pada saat itu negara Arab merupakan negara yang memiliki penduduk yang hidup dengan damai dan tenang dibandingkan dengan negara lainnya. Bangsa Arab hidup dengan sederhana, tenang, dan jauh dari kemewahan.

 

Bangsa Arab juga merupakan bangsa yang masih menjaga fitrahnya sehingga memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi dan mulia. Namun mereka tidak memiliki ma'rifat atau pengetahuan yang benar untuk jalan hidup mereka, sehingga bangsa Arab masih hidup dalam kebodohan dan kegelapan.

 

Baca juga : 

 

Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Quran, QS Al-Baqarah ayat 198

 

لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَن تَبْتَغُوا۟ فَضْلًا مِّن رَّبِّكُمْ ۚ فَإِذَآ أَفَضْتُم مِّنْ عَرَفَٰتٍ فَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ عِندَ ٱلْمَشْعَرِ ٱلْحَرَامِ ۖ وَٱذْكُرُوهُ كَمَا هَدَىٰكُمْ وَإِن كُنتُم مِّن قَبْلِهِۦ لَمِنَ ٱلضَّآلِّينَ

 

Artinya: Tidak ada dosa bagimu untuk mencari karunia (rezeki hasil perniagaan) dari Tuhanmu. Maka apabila kamu telah bertolak dari 'Arafat, berdzikirlah kepada Allah di Masy'arilharam. Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah sebagaimana yang ditunjukkan-Nya kepadamu; dan sesungguhnya kamu sebelum itu benar-benar termasuk orang-orang yang sesat.

 

Arab terletak di antara dua peradaban

Jazirah Arab secara geografis terletak  Jazirah Arab terletak secara geografis terletak di tengah-tengah peta dunia. Diantara dua peradaban yang sangat berbeda, yaitu peradaban barat yang lebih mementingkan materi sehingga nilai-nilai kemanusiaan mereka tidak utuh, serta peradaban timur yang penuh nilai-nilai spiritual dengan khayalan.

 

Jadi, secara logika jazirah Arab merupakan garis yang memisahkan dua peradaban yang sangat bertolak belakang. Sehingga Islam lahir dan tumbuh di tempat ini untuk mengubah kedua peradaban menuju jalan yang benar. Dengan letak strategis ini maka dapat memudahkan dakwah dari Arab ke seluruh penjuru dunia.

 

Penduduk Jazirah Arab adalah manusia pertengahan berdasarkan segi perawakan tubuh, warna kulit, akhlak, dan agama kepercayaan, hingga mayoritas nabi-nabi yang diutus berasal dari belahan dunia Arab. Hal ini akan membuat umat lebih mudah menerima risalah.

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp