4 Amalan Sunnah yang Sering Dilewatkan Umat Muslim

By. Dewi Savitri - 26 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Islam adalah agama yang sempurna, dan setiap aspek kehidupan telah diatur dalam Al-Quran dan Sunnah Nabi Muhammad SAW. Namun, seringkali kita lalai dan melupakan beberapa sunnah yang seharusnya menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari. Padahal, segala sesuatu yang kita lakukan senantiasa berada di bawah pengawasan Allah SWT.

 

Baca Juga: Sunnah dan Adab Potong Kuku dalam Ajaran Islam

 

Berikut ini adalah beberapa amalan sunnah yang sering dilalaikan dalam kehidupan sehari-hari:

 

1. Masuk Toilet dan Masjid

 

Sunnah yang terlupakan adalah masuk toilet menggunakan kaki kiri dan keluar menggunakan kaki kanan. Sebaliknya, saat masuk masjid, seharusnya kita menggunakan kaki kanan dan keluar dengan kaki kiri. Kedua amalan ini memiliki hikmah tersendiri. Masjid adalah tempat suci untuk beribadah kepada Allah SWT, sehingga penghormatan dengan menggunakan kaki kanan saat masuk dan kaki kiri saat keluar menjadi suatu bentuk kepatuhan kepada Sunnah Nabi.

 

2. Menutup Mulut Saat Menguap

 

Menguap adalah hal yang alami dalam tubuh, tetapi kita diajarkan untuk menutup mulut saat menguap. Selain etika yang mengajarkan sopan santun, menutup mulut saat menguap juga menghindarkan kita dari gangguan setan yang dapat masuk ke dalam tubuh saat kita menguap tanpa menutup mulut. Jadi, selain dari aspek kesopanan, ini juga menjadi bentuk perlindungan diri dari gangguan makhluk halus.

 

3. Bersyukur Setelah Bersin

 

Bersin adalah cara tubuh kita untuk mengeluarkan kotoran dari hidung. Oleh karena itu, setelah bersin, kita dianjurkan untuk mengucapkan "Alhamdulillah" sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas kesehatan dan kebersihan tubuh kita.

 

Baca Juga: Jangan Diabaikan!! Ini Dia 7 Adab Didalam Kamar Mandi Menurut Islam

 

4. Membaca Do'a Saat Keluar Rumah

 

Sebelum keluar rumah atau hendak bepergian, Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk membaca do'a dan memohon perlindungan kepada Allah. Hal ini mengingatkan kita bahwa segala urusan kita bergantung kepada Allah, dan kita membutuhkan-Nya dalam setiap langkah perjalanan hidup.

 

Ketika kita menghidupkan sunnah-sunnah ini dalam kehidupan sehari-hari, kita akan merasakan manfaat besar, baik dari segi kepatuhan terhadap ajaran Islam maupun dari segi kesehatan dan kesejahteraan mental. Mengenang dan mengamalkan sunnah-sunnah yang terlupakan adalah langkah kecil namun bernilai besar dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan kualitas hidup kita sebagai umat Muslim. Semoga kita senantiasa diberi kemampuan untuk menghidupkan dan mengamalkan sunnah-sunnah Nabi dalam setiap aspek kehidupan.

 

Baca Juga: 5 Adab Minum Air Zamzam dalam Islam

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp