7 Manfaat Pelihara Jenggot yang Jarang Diketahui

By. Dewi Savitri - 29 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Banyak pria muslim memelihara jenggot sebagai tanda adab Islam, namun tahukah kamu bahwa memelihara jenggot juga memiliki manfaat kesehatan dan kebersihan kulit yang menakjubkan? Rasulullah SAW sendiri selama hidupnya terus memelihara jenggot, dan hadits dari Ibnu Umar menyatakan kewajiban memelihara jenggot untuk pria muslim. Dalam artikel ini, kami akan membahas manfaat luar biasa dari memelihara jenggot, termasuk menjaga kelembapan kulit, menghindari infeksi bakteri, dan melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. Berikut adalah beberapa manfaat memelihara jenggot:

 

Baca Juga: Ini Dia Hukum Memelihara Jenggot dalam Islam

 

1. Menjaga Kelembapan Kulit

 

Folikel rambut pada jenggot menghasilkan minyak alami yang membantu menjaga kelembapan kulit. Dengan memelihara jenggot, kamu dapat mencegah kerusakan kulit, seperti kulit terkelupas, dan menjaga kulit tetap sehat terlepas dari cuaca di sekitarmu.

 

2. Menghindari Infeksi Bakteri

 

Memotong kumis dan memelihara jenggot telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW, karena ini dapat membantu menghindari infeksi bakteri pada kulit. Dengan menumbuhkan jenggot, kamu akan memiliki lapisan antibakteri alami yang melindungi kulitmu dari berbagai penyakit dan inflamasi.

 

3. Melindungi dari Debu dan Polutan

 

Bulu-bulu janggut mampu menghalau debu, polutan, dan jamur. Dengan demikian, jenggot berfungsi sebagai filter alami yang mencegah kotoran masuk ke dalam mulut dan lubang hidungmu.

 

4. Mencegah Penuaan Dini

 

Penelitian menunjukkan bahwa memelihara jenggot dapat membantu menjaga kulitmu tetap hangat di musim dingin. Mengingat hubungan antara suhu udara rendah dengan penuaan dini, memelihara jenggot menjadi solusi alami untuk melindungi kulitmu dari keriput dan tanda-tanda penuaan.

 

Baca Juga: 5 Adab yang Harus Diterapkan Saat Berzakat

 

5. Perlindungan Sinar Matahari

 

Rambut jenggot yang tebal memiliki manfaat yang sama dengan mengaplikasikan sunscreen pada kulitmmu. Memiliki jenggot dapat menghindarkan kamu dari timbulnya garis atau bintik pada kulit akibat sinar matahari, yang dapat menyebabkan kanker kulit pada jangka panjang.

 

6. Mencegah Jerawat pada Pria

 

Menumbuhkan jenggot dapat membantu mencegah jerawat pada pria. Kulit yang terlindungi oleh jenggot akan terasa lebih halus dan bersih dibandingkan dengan pria yang mencukur daerah dagunya, yang meninggalkan bakteri dan kotoran di kulit.

 

7. Mengurangi Penyakit pada Gusi

 

Menumbuhkan jenggot dapat mengurangi risiko penyakit gusi yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam mulut. Jenggot memberikan lapisan perlindungan tambahan untuk gusimu yang tidak dimiliki oleh mereka yang tidak menumbuhkan jenggot.

 

Memelihara jenggot dalam Islam bukan hanya sebagai tanda adab, tetapi juga memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan dan kebersihan kulit. Dengan menjaga kelembapan kulit, menghindari infeksi bakteri, dan melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari, memelihara jenggot dapat menjadi bagian dari rutinitas kecantikan dan kesehatanmu yang memberikan manfaat nyata. Jadi, marilah kita ikuti sunnah Rasulullah SAW dan nikmati manfaat yang luar biasa dari memelihara jenggot dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

Baca Juga: Anjuran Berkuda dalam Islam dan 4 Manfaatnya bagi Kesehatan

 

Sekian pembahasan Batemuri Tour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di batemuritour.cs@gmail.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp