Kisah Nabi Daud AS: Gunung dan Burung Ikut Bertasbih saat Mendengar Suaranya

By. Siti Rahmawati - 26 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Semua yang ada di langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya. Tetapi kita tidak mengerti bagaimana tasbih mereka.

 

Ada kisah nabi tentang alam pun juga ikut bertasbih dengan sang pencipta. Yakni kisah nabi Daud AS. Kekuasaan yang dikaruniakan kepadanya tidak menggoyahkan keimanan kepada kepada Allah SWT. Hal itu menjadikan Nabi Daud AS sebagai raja yang taat dan rajin ibadah.

 

Ketaatan Nabi Daud AS merupakan teladan bagi para pemimpin di bumi. Allah SWT berfirman dalam Q.S Shad ayat 17,

 

ٱصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَٱذْكُرْ عَبْدَنَا دَاوُۥدَ ذَا ٱلْأَيْدِ ۖ إِنَّهُۥٓ أَوَّابٌ
 

Artinya: "Bersabarlah atas segala apa yang mereka katakan; dan ingatlah hamba Kami Daud yang mempunyai kekuatan. Sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan)."

 

Baca juga :

 

Merdunya Suara Daud AS Membuat Gunung dan Burung Ikut Bertasbih

Dalam beberapa riwayat menjelaskan, Nabi Daud AS memiliki suara yang merdu. Pada saat melantunkan kitab Zabur saking merdunya hingga gunung-gunung dan burung-burung berkumpul dan ikut bertasbih bersamanya.

 

Allah SWT berfirman dalam Q.S Shad ayat 18-19

 

إِنَّا سَخَّرْنَا ٱلْجِبَالَ مَعَهُۥ يُسَبِّحْنَ بِٱلْعَشِىِّ وَٱلْإِشْرَاقِ (18) وَٱلطَّيْرَ مَحْشُورَةً ۖ كُلٌّ لَّهُۥٓ أَوَّابٌ (19)

 

Artinya: "Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi, dan (Kami tundukkan pula) burung-burung dalam keadaan terkumpul. Masing-masingnya amat taat kepada Allah."

(Q.S Shad: 18-19)

 

Kisah bertasbihnya gunung dan burung juga diceritakan dalam Q.S Saba' ayat 10,

 

۞ وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ مِنَّا فَضْلًا ۖ يَٰجِبَالُ أَوِّبِى مَعَهُۥ وَٱلطَّيْرَ ۖ وَأَلَنَّا لَهُ ٱلْحَدِيدَ

 

Artinya: "Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud kurnia dari Kami. (Kami berfirman): "Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud", dan Kami telah melunakkan besi untuknya."

 

Seperti diketahui, Allah SWT memberi wakyu kitab Zabur kepada Nabi Daud AS. Kitab itulah yang digunakan untuk mengajak kaumnya berbuat kebaikan.

 

Dalam Q.S Al-Anbiya ayat 105 Allah SWT berfirman,

 

وَلَقَدْ كَتَبْنَا فِى ٱلزَّبُورِ مِنۢ بَعْدِ ٱلذِّكْرِ أَنَّ ٱلْأَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِىَ ٱلصَّٰلِحُونَ

 

Artinya: "Dan sungguh telah Kami tulis di dalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfuzh, bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hamba-Ku yang saleh."

 

Baca juga : 

 

Kecerdasan dan Kebijaksanaan Daud AS dalam Memutuskan Perkara

Nabi Daud AS juga terkenal dengan kecerdasan dan kebijaksanaan dalam memutuskan perkara. Allah SWT telah memerintahkan untuk berlaku adil di antara manusia.

 

يَٰدَاوُۥدُ إِنَّا جَعَلْنَٰكَ خَلِيفَةً فِى ٱلْأَرْضِ فَٱحْكُم بَيْنَ ٱلنَّاسِ بِٱلْحَقِّ وَلَا تَتَّبِعِ ٱلْهَوَىٰ فَيُضِلَّكَ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَضِلُّونَ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌۢ بِمَا نَسُوا۟ يَوْمَ ٱلْحِسَابِ

 

Artinya: "Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah (penguasa) di muka bumi, maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat dari jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan."

(Q.S Shad: 26)

 

Diceritakan dalam Q.S Al-Anbiya ayat 78, Daud AS memberikan jalan tengah tentang rusaknya tanaman akibat ternak dari kaumnya.

 

وَدَاوُۥدَ وَسُلَيْمَٰنَ إِذْ يَحْكُمَانِ فِى ٱلْحَرْثِ إِذْ نَفَشَتْ فِيهِ غَنَمُ ٱلْقَوْمِ وَكُنَّا لِحُكْمِهِمْ شَٰهِدِينَ

 

Artinya: "Dan (ingatlah kisah) Daud dan Sulaiman, di waktu keduanya memberikan keputusan mengenai tanaman, karena tanaman itu dirusak oleh kambing-kambing kepunyaan kaumnya. Dan adalah Kami menyaksikan keputusan yang diberikan oleh mereka itu."

 

Itu tadi kisah Nabi Daud AS yang memiliki suara merdu. Selain merdunya suara, beberapa riwayat mengatakan Nabi Daud AS juga bisa berbicara dengan mereka (burung-burung).

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp