Hati-hati Bahaya Perilaku Namimah atau Adu Domba, Berikut Cara Menghindarinya !

By. Siti Rahmawati - 29 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Namimah adalah istilah dalam Islam yang digunakan dalam untuk menggambarkan perilaku adu domba. Sehingga namimah adalah menyampaikan cerita yang tidak benar, tidak baik dan tidak disenangi untuk menimbulkan kerusakan, kebencian hingga permusuhan diantara dua orang atau lebih.

 

Namimah adalah salah satu penyakit dalam masyarakat, yang digunakan untuk memutus tali persaudaraan. Tidak terbatas pada lingkup keluarga dan pertemanan, namimah juga bisa berarti saat anda mengetahui rahasia seseorang dan mempublikasikan rahasia tersebut untuk menjatuhkan orang tersebut.

 

Namimah adalah perilaku yang dapat membahayakan banyak orang, tidak hanya pada korbannya namun juga bisa membahayakan orang-orang disekitar korban secara luas. Sehingga penting untuk menghindarkan diri dari segala bentuk namimah atau adu domba yang ada di masyarakat.

 

Lantas bagaimana cara menghindari namimah? Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pengertian namimah, dalil-dalil, bahaya dan cara menghindarinya.

 

Baca juga : 

 

Bahaya Namimah Atau Adu Domba

Adu domba atau namimah adalah tindakan menyebarkan suatu berita yang didalamnya berisi kebohongan, yang berita tersebut digunakan untuk membuat kerusakan, kebencian hingga perpecahan pada dua individu atau kelompok masyarakat.

 

Perbuatan namimah adalah perbuatan yang tercela dan sangat berdosa, karena dapat menimbulkan banyak kerusakan dan bahaya bagi banyak orang. Berikut ini adalah bahaya-bahaya namimah atau adu domba dalam Islam :

 

1. Pelaku namimah atau adu domba bisa menyebabkan orang tersebut disiksa di akhirat kelak. Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melewati salah satu sudut kota Madinah atau Makkah, lalu beliau mendengar suara dua orang yang sedang diazab di kubur. rasulullah bersabda,

 

يُعَذَّبَانِ، وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ، بَلَى، كَانَ أَحَدُهُمَا لاَ يَسْتَتِرُ مِنْ بَوْلِهِ، وَكَانَ الآخَرُ يَمْشِي بِالنَّمِيمَةِ

“Mereka berdua disiksa. Mereka menganggap bahwa itu bukan perkara besar, namun sesungguhnya itu perkara besar. Orang yang pertama disiksa karena tidak menutupi diri ketika kencing. Adapun orang yang kedua disiksa karena suka mengadu domba (namimah).”

(HR. Bukhari no. 216 dan Muslim no. 292).

 

Baca juga : 

 

2. Pelaku adu domba atau orang yang suka melakukan namimah akan masuk neraka.

3. Menyebabkan perpecahan atau pertikaian antar sesama saudara baik individu maupun dalam kelompok masyarakat.

4. Ketentraman dan kedamaian akan terganggu, dan menyebabkan kerusuhan, perkelahian hingga peperangan. Yang mana selanjutnya dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan dan orang-orang sekitar

 

Cara Menghindari Namimah

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh umat muslim untuk mencegah dan menghindari namimah. Mulai dari membentengi diri dengan bertakwa kepada Allah SWT hingga jeli dan waspada dalam menerima segala macam informasi yang belum jelas kebenarannya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari namimah : 

 

1. Bertakwa kepada Allah SWT. Dengan bertakwa maka Allah SWT akan selalu menjaga lidah kita karena Allah SWT selalu mengawasi segala tingkah laku dan perbuatan kita didunia.

2. Menjauhi berita yang isinya tidak jelas kebenarannya, seperti gosip dan berita-berita lainnya yang provokatif.

3. Menghindari dan menjauhi orang-orang yang suka melakukan adu domba atau namimah.

4. Tidak mudah percaya saat mendengar kabar atau berita yang datang tanpa bukti yang jelas dan nyata. 

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp