Kapan Waktu Sholat Dzuhur di Hari Jumat bagi Wanita? 

By. Siti Rahmawati - 28 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hari Jumat yang merupakan penghulunya hari (sayyidul ayyam) memiliki banyak keutamaan.  Pada hari itu diwajibkan shalat Jumat bagi setiap mukallaf yang baligh, aqil, laki-laki, merdeka yang tidak memiliki udzur.

 

Kewajiban shalat didasarkan pada Surat Al-Jumu‘ah ayat 9 yang menuntut umat Islam untuk menghadiri panggilan untuk shalat Jumat.

 

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ 

 

 Artinya: Wahai orang yang beriman, bila diseru shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah menuju zikrullah (shalat Jumat) dan tinggalkan aktivitas jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya

(Surat Al-Jumu‘ah ayat 9)

 

Baca juga :

 

Wanita muslim tidak dikenakan kewajiban sholat Jumat layaknya pria. Namun muslimah tetap harus mendirikan sholat dzuhur, seperti yang biasa dilakukan tiap hari sebanyak empat rakaat.

 

Lantas kapan kapan sholat dzuhur di hari Jumat bagi wanita?

 

Waktu yang paling tepat pelaksanaan sholat Dzuhur di hari Jumat bagi wanita yakni sesuai dengan masuknya waktu shalat Zuhur seperti halnya hari biasa.

 

Namun jika seorang wanita turut serta dalam sholat Jumat tersebut, para ulama sepakat sholatnya tetap dianggap sah dan kewajiban sholat dzuhur telah gugur untuknya. Tentunya sholat Jumat harus dilakukan berjamaah dengan imam. Selanjutnya dia tak perlu lagi sholat zuhur.

 

Ulama Quraish Shihab dalam buku Mistik, Seks, dan Ibadah juga memperkuat pendapat tersebut. Ia menceritakan di masa Rasulullah SAW, banyak wanita yang ikut menghadiri sholat Jumat bersama rasul. Bahkan Rasulullah juga berpesan agar jangan melarang wanita mengunjungi masjid.

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp