13 Orang yang Do'anya Mustajab Menurut Islam

By. Dewi Savitri - 01 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Doa adalah sarana penting bagi umat Islam untuk berkomunikasi dengan Allah. Setiap Muslim tentu menginginkan agar doanya cepat terkabul atau menjadi doa mustajab. Namun, seringkali kita tidak mengetahui doa seperti apa yang mustajab atau siapa saja yang termasuk dalam golongan hamba yang doanya cepat terkabul. Dalam artikel ini, kita akan merujuk pada informasi dari Al-Qur'an dan hadits untuk mengenal beberapa golongan hamba yang doanya mustajab dalam Islam.

 

Baca Juga: Capailah Haji & Umrah Mabrur !!! Begini 9 Janji Allah

 

1. Orang yang Terzalimi

 

Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda, "Takutlah terhadap doa orang yang terzalimi. Sebab, di antara doanya dengan Allah tidak ada penghalang." Jadi, doa orang yang sedang dalam kesulitan atau dizalimi adalah doa yang mustajab, meskipun dia adalah seorang yang berbuat maksiat.

 

2. Orang Tua kepada Anaknya

 

Doa orang tua kepada anaknya termasuk dalam tiga doa yang mustajab. Allah menyatakan bahwa ridha-Nya bersama ridha orang tua. Oleh karena itu, doa orang tua yang ikhlas dan penuh cinta untuk anaknya akan dikabulkan oleh Allah.

 

3. Orang yang Berpuasa

 

Doa orang yang berpuasa tidak akan ditolak oleh Allah. Orang yang berpuasa, khususnya saat berbuka, memiliki kesempatan besar untuk mendapat doa yang mustajab.

 

4. Musafir atau Orang yang Menempuh Perjalanan Jauh

 

Doa orang yang sedang dalam perjalanan jauh atau musafir adalah doa yang mustajab. Ketika kita berada di perjalanan, Allah lebih cenderung mengabulkan doa-doa kita.

 

5. Orang yang Sedang Mengalami Kesulitan

 

Allah berfirman dalam Al-Qur'an bahwa Dia memperkenankan doa orang yang dalam kesulitan ketika dia berdoa kepada-Nya. Jadi, doa orang yang sedang menghadapi kesulitan adalah doa yang mustajab.

 

6. Orang yang Mendoakan Saudaranya di Belakangnya

 

Doa seorang Muslim yang mendoakan saudaranya yang ada di belakangnya adalah doa yang mustajab. Ketulusan dan kejernihan niat dalam mendoakan orang lain menjadi penting dalam meraih doa yang mustajab.

 

7. Anak yang Saleh dan Berbakti kepada Kedua Orang Tuanya

 

Doa orang tua untuk anak yang saleh dan berbakti kepada mereka adalah doa yang mustajab. Amal shalih anak yang berdoa untuk kedua orang tuanya akan menjadi sebab doa mereka dikabulkan oleh Allah.

 

Baca Juga: 8 Adab Berdo'a dalam Islam Agar Cepat Terkabul

 

8. Orang yang Sedang Berdoa Dengan Doa Dzun Nun

 

Doa Dzun Nun (doa Nabi Yunus) adalah doa yang mustajab. Doa "Tiada tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim" dikabulkan oleh Allah.

 

9. Orang yang Sedang Berperang atau Berjuang di Jalan Allah

 

Doa orang yang sedang berjuang di jalan Allah adalah doa yang mustajab. Orang yang berjuang dalam perang atau berjuang di jalan Allah mendapat kemuliaan dan doanya akan dikabulkan.

 

10. Orang yang Sedang Menunaikan Haji dan Umrah

 

Doa orang yang sedang menunaikan haji dan umrah adalah doa yang mustajab. Momen ibadah haji dan umrah adalah kesempatan yang istimewa untuk mendapatkan doa yang mustajab.

 

11. Pemimpin yang Adil

 

Doa pemimpin yang adil adalah doa yang mustajab. Keadilan dan ketulusan pemimpin menjadi kunci dalam meraih doa yang dikabulkan oleh Allah.

 

12. Orang yang Banyak Mengingat Allah

 

Doa orang yang banyak mengingat Allah adalah doa yang mustajab. Berdzikir dan selalu mengingat Allah akan mendekatkan kita kepada-Nya.

 

13. Orang yang Dicintai dan Diridhai Allah

 

Doa orang yang dicintai dan diridhai Allah adalah doa yang mustajab. Ketika kita mencintai Allah dan Dia juga mencintai kita, doa-doa kita akan dikabulkan oleh-Nya.

 

Dalam Islam, doa-doa yang mustajab dikabulkan oleh Allah untuk berbagai golongan hamba-Nya, seperti orang yang terzalimi, orang tua yang mendoakan anaknya, orang yang berpuasa, musafir, orang yang mengalami kesulitan, orang yang mendoakan saudaranya, anak yang saleh, orang yang berdoa dengan doa Dzun Nun, orang yang berperang di jalan Allah, orang yang menunaikan haji dan umrah, pemimpin yang adil, orang yang banyak mengingat Allah, serta orang yang dicintai dan diridhai Allah. Dengan memiliki sifat-sifat yang dianjurkan oleh agama, dan dengan niat yang ikhlas, doa-doanya akan menjadi doa yang mustajab dan dikabulkan oleh Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

 

Baca Juga: Tahan Emosi!! Ini Dia 5 Tips Mengendalikan Amarah dalam Islam

 

Sekian pembahasan batemuri tour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp