Do'a Cepat Terkabul, Inilah 9 Waktu Mustajab Untuk Berdo'a

By. Dewi Savitri - 01 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Berdoa adalah bentuk ibadah yang sangat mulia dalam agama Islam. Setiap muslim diajarkan untuk selalu berdoa kepada Allah dalam segala hal, baik saat senang maupun sedang menghadapi kesulitan. Namun, ada beberapa waktu-waktu tertentu yang dianggap sangat mustajab atau cepat terkabul doanya. Berikut adalah beberapa waktu mustajab untuk berdoa dalam Islam:

 

Baca Juga: 8 Adab Berdo'a dalam Islam Agar Cepat Terkabul

 

1. Hari Jumat

 

Salah satu waktu yang sangat mustajab untuk berdoa adalah pada hari Jumat. Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Pada hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan salat lantas ia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta." Waktu ini berada di antara ketika imam duduk untuk memberikan khotbah Jumat hingga selesai salat Jumat.

 

2. Saat Berpuasa dan Berbuka Puasa

 

Waktu berpuasa juga termasuk waktu mustajab untuk berdoa. Ketika berpuasa, terutama saat berbuka puasa, adalah waktu yang baik untuk memanjatkan doa karena kebahagiaan yang dirasakan oleh orang yang berpuasa pada saat berbuka puasa adalah momen yang istimewa di hadapan Allah. Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak."

 

3. Setelah Salat Fardu

 

Setiap selesai salat fardu lima waktu, adalah waktu mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW bersabda, "Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian Allah berfirman, 'Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Ku-ampuni'."

 

4. Waktu Sepertiga Malam

 

Sepertiga malam terakhir adalah waktu mustajab untuk berdoa. Pada waktu ini, kebanyakan orang tidur, namun bagi mereka yang bangun dan berdoa, doanya akan dikabulkan oleh Allah. Rasulullah SAW bersabda, "Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu".

 

5. Di Waktu Antara Azan dan Ikamah

 

Waktu antara azan dan ikamah, sebelum salat dimulai, adalah waktu mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara azan dan ikamah maka berdoalah".

 

Baca Juga: 4 Amalan Sunnah yang Sering Dilewatkan Umat Muslim

 

6. Saat Sujud dalam Salat

 

Saat sujud dalam salat adalah saat yang paling mustajab untuk berdoa. Ketika seorang muslim bersujud, dia berada dalam posisi yang paling rendah di hadapan Allah, sehingga saat-saat inilah momen yang sangat tepat untuk memanjatkan doa. Rasulullah SAW bersabda, "Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu".

 

7. Pada Malam Lailatul Qadar

 

Malam Lailatul Qadar, yang dikenal sebagai malam seribu bulan, adalah malam yang sangat istimewa dalam agama Islam. Pada malam ini, berdoa dan beribadah memiliki nilai yang luar biasa. Rasulullah SAW bersabda, "Carilah malam Lailatul Qadar di sepuluh malam terakhir pada bulan Ramadhan."

 

8. Saat Minum Air Zam-Zam

 

Waktu mustajab untuk berdoa yang jarang diketahui adalah ketika seorang muslim minum air Zam-Zam. Sebelum atau sesudah meminumnya, adalah waktu yang baik untuk berdoa dengan khusyuk dan tulus. Sebutkanlah doa-doa yang berkaitan dengan rezeki, ilmu, dan kesehatan.

 

9. Ketika Turun Hujan

 

Hujan adalah salah satu nikmat dari Allah yang berharga bagi makhluk-Nya. Saat hujan turun, Allah memberikan kesempatan emas kepada setiap hamba-Nya untuk memohon segala hajat dan kebaikan. Rasulullah SAW bersabda, "Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzalimi."

 

Memahami waktu-waktu mustajab untuk berdoa adalah penting bagi setiap muslim. Saat-saat istimewa ini merupakan kesempatan berharga untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon kebaikan dan rahmat-Nya. Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu-waktu tersebut dengan baik untuk berdoa dengan tulus dan ikhlas. Ingatlah bahwa Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui, dan Dia akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya yang sungguh-sungguh dalam berdoa. Semoga kita senantiasa mendapat keberkahan dan kemudahan dalam beribadah kepada-Nya. Aamiin.

 

Baca Juga: 13 Orang yang Do'anya Mustajab Menurut Islam

 

Sekian pembahasan batemuri tour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp