Perilaku Ujub dalam Islam, Berikut Penjelasan Lengkapnya !

By. Siti Rahmawati - 02 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Ujub adalah sifat tercela yang dilarang oleh Allah SWT maupun ajaran yang dibawakan Rasul-Nya. Sebagai seorang muslim sudah selayaknya kita memiliki akhlak yang mulia karena Allah SWT dan Rasulullah SAW telah menganjurkan umatnya untuk menghargai orang lain dan berbuat baik kepada sesama manusia.

 

Tanpa disadari kita mungkin pernah bersikap ujub atau berbangga diri. Padahal ujub adalah penyakit hati yang tidak disenangi oleh Allah SWT. Sifat tercela ini harus dihindari oleh seorang muslim sebab merupakan salah satu sifat tercela yang akan membawa pada sikap sombong dan riya. 

 

Sifat ujub harus segera dihilangkan dalam hati, bahkan hindari sifat tercela ini agar kita senantiasa tetap mendapatkan ridho dari Allah SWT. Namun jika kita tetap memelihara sifat ujub, maka akan ada banyak bahaya yang datang kepada kita sebagai seorang muslim.

 

Baca juga : 

 

Hukum Sifat Ujub

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa ujub adalah perilaku dan sifat tercela, sehingga sifat tersebut haram untuk dimiliki oleh umat Islam. Seorang muslim sudah sepatutnya merasa rendah diri di hadapan Allah SWT bahwa hanya Allah saja yang pantas memiliki rasa bangga sebab Allah lah yang Maha Pencipta.

 

وَلِلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۚ وَإِلَى ٱللَّهِ تُرْجَعُ ٱلْأُمُورُ

 

“Kepunyaan Allah-lah segala yang ada di langit dan di bumi; dan kepada Allahlah dikembalikan segala urusan.”

(Qs Al Imran : 109)

 

Selain itu sifat ujub juga dapat mendatangkan mudharat serta bahaya bagi manusia. Karena itulah Allah dan Rasul-Nya melarang sifat ini bersarang di dalam hati seorang muslim. Dalam hadits Rasulullah bersabda,

 

“Tiga hal yang membawa pada jurang kebinasaan: (1) tamak lagi kikir, (2) mengikuti hawa nafsu (yang selalu mengajak pada kejelekan), dan ujub (takjub pada diri sendiri).”

(H.R. Abdur Razaq, hadist hasan)

 

Baca juga : 

 

Oleh sebab itu, dapat kita tarik garis besar bahwa ujub adalah perilaku tercela meski hanya di batin saja. Seperti seseorang merasa bangga akan kepintarannya sehingga memandang rendah orang lain. Hal itu tentu tidak dibenarkan dalam ajaran Islam karena kita harus pahami segala yang ada di bumi termasuk kelebihan yang kita miliki merupakan karunia Allah SWT, sehingga janganlah kita bangga dengan karunia tersebut secara berlebihan.

 

Sebagai sifat tercela yang diharamkan oleh Allah SWT, jelas sifat ujub memiliki mudharat dan bahaya bagi siapapun yang memelihara sifat ini. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Luqman ayat 18 berikut ini.

 

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى ٱلْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

 

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.”

(QS Luqman:18)

 

Dari surat di atas, sudah dijelaskan bahwa sifat ujub sangat berbahaya tak hanya di dunia, tetapi juga mendatangkan dosa karena Allah SWT sangat melarang sifat tercela ini. Bukan hanya di dunia, sifat ujub juga dapat menjerumuskan kita di akhirat kelak. Maka dari itu, sebagai seorang muslim, lebih baik menghindari sifat ujub ini karena sangat berbahaya.

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp