Wajib Jauhi, Inilah Dampak Negatif Perilaku Takabur !

By. Siti Rahmawati - 02 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Takabur adalah sikap mental dan perbuatan yang merasa dirinya lebih besar, lebih tinggi, lebih pandai, atau lebih segalanya dan memandang orang lain lebih rendah. Seseorang yang memiliki sikap dan perbuatan takabur atau sombong adalah mutakabbir.

 

Lawan dari perilaku takabur yakni tawaduk, yang berarti rendah hati.

 

Takabur juga akan menghalangi seseorang untuk masuk surga. Dalam setiap hadis yang dikeluarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau kemudian mengingatkan kepada umat Islam jika sifat takabur ataupun sombong benar-benar dapat menghalangi seseorang dalam masuk surga.

 

Baca juga : 

 

Selain menghalangi masuk surga, dampak buruk lainnya yang akan menimpa kamu saat memiliki sifat takabur, antara lain:

1.Terhalang untuk mendapat kebenaran ayat-ayat Allah SWT, serta Dibenci oleh Allah SWT

2.Terkuncilah pada mata dan hatinya

3.Mendapat kehinaan serta berbagai siksaan akhirat.

4.Selalu merasa menjadi orang yang paling baik dan paling benar.

5.Dapat menimbulkan berbagai perpecahan di antara sesama.

6.Dapat merusak sendi persatuan serta persatuan.

7.Tidak suka berbuat benar serta tidak dapat menerima kebenaran.

8.Tidak memiliki keikhlasan dalam suatu perbuatan sehingga semua yang dilakukan kemudian menjadi sia-sia.

9.Merugikan diri sendiri dan lebih mudah tersinggung.

 

Baca juga : 

 

Takabur atau sombong merupakan anak dari ujub, akar dari sombong sendiri adalah ujub. Jadi, ujub melahirkan kesombongan. Namun, terdapat juga perbedaan antara ujub dengan sombong. Adapun ujub tak memerlukan orang lain, sementara sombong membutuhkan orang lain sebagai pembandingnya. Sifat takabur kemudian dibedakan menjadi dua, yakni:

 

1.Seseorang yang menolak kebenaran yang disampaikan oleh orang lain, padahal ia memahami bahwa kebenaran ada pada orang tersebut. Kemudian, ia menolaknya karena orang yang menyampaikan kebenaran itu dirasa lebih muda atau lebih rendah kedudukannya jika dibanding dirinya.

 

2.Seseorang yang menganggap dirinya memiliki keistimewaan melebihi orang lain. Selalu merasa dirinya paling lebih jika dibandingkan orang lain. Dengan hal ini, ia bersikap congkak kepada sesama hamba Allah serta merendahkan mereka, karena menurutnya ia jauh lebih tinggi martabatnya.

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp