Muslim Wajib Tau!! Ini Dia 5 Perbedaan Sholat Pria & Wanita

By. Dewi Savitri - 03 Aug 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh setiap Muslim adalah shalat. Namun, terdapat perbedaan dalam tata cara shalat antara laki-laki dan perempuan. Berikut adalah beberapa perbedaan tersebut:

 

Baca Juga: Hukum Menggendong Anak saat Shalat?

 

1. Sujud

 

Dalam melaksanakan sujud, perempuan dianjurkan untuk mengumpulkan sebagian anggota tubuhnya, seperti kedua siku-siku didekatkan ke lambung dan menempelkan perut ke kedua pahanya. Sedangkan laki-laki dianjurkan untuk merenggangkan siku-sikunya dari lambung dan mengangkat perutnya agar tidak menyentuh paha. Hal ini berdasarkan Hadis riwayat imam Al-Baihaqi, yang mengatakan bahwa sujud perempuan berbeda dengan laki-laki.

 

2. Suara dalam Shalat

 

Ketika perempuan melaksanakan shalat dengan seorang laki-laki yang bukan mahramnya, dia harus melirihkan suaranya. Hal ini berlaku untuk semua shalat, termasuk shalat Maghrib, Isya, dan Subuh. Sementara itu, laki-laki tetap dianjurkan untuk mengeraskan suara mereka pada tempat-tempat tertentu dalam shalat.

 

3. Komunikasi dalam Shalat

 

Jika terjadi sesuatu dalam shalat yang berhubungan dengan perempuan, misalnya imamnya lupa gerakan shalat, maka perempuan disarankan untuk bertepuk tangan sebagai tanda memberitahu jamaah lain tentang situasi tersebut. Sementara bagi laki-laki, jika hal serupa terjadi pada imamnya, disarankan untuk membaca tasbih dengan suara keras, namun tidak untuk memberitahu, tetapi sebagai bentuk dzikir.

 

Baca Juga: 5 Manfaat Sholat Lima Waktu dalam Kehidupan Sehari-hari

 

4. Aurat dalam Shalat

 

Aurat perempuan dalam shalat mencakup seluruh anggota badan kecuali wajah dan telapak tangan. Sedangkan aurat laki-laki mencakup anggota tubuh antara pusar dan lutut. Namun, disarankan bagi laki-laki untuk menutup auratnya yang lebih luas daripada yang diwajibkan untuk menjaga etika dan sopan santun.

 

5. Adzan dan Iqamah

 

Perempuan tidak dianjurkan untuk mengumandangkan adzan dengan suara yang lantang, tetapi jika dia melakukannya dengan suara pelan, tidaklah dianggap makruh karena dianggap sebagai bentuk dzikir. Namun, dia disarankan untuk hanya melafalkan iqamah saja. Sementara laki-laki disarankan untuk mengumandangkan adzan dengan suara yang lantang setiap akan melaksanakan shalat.

 

Semua perbedaan ini harus diperhatikan dan dipahami oleh setiap Muslim dan Muslimah, karena rukun-rukun shalat harus dipenuhi agar shalat diterima oleh Allah SWT. Semoga dengan memahami perbedaan ini, shalat kita dapat menjadi lebih baik dan lebih benar.

 

Baca Juga: Hukum Menggendong Anak saat Shalat?

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp