Ini Dia 10 Keutamaan Anak Laki-laki dalam Islam

By. Dewi Savitri - 03 Aug 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Setiap anak yang lahir merupakan anugerah dari Allah yang tak ternilai harganya. Sebagai orang tua, menyikapi kehadiran anak dengan bijak sangatlah penting, karena anak adalah anugerah yang bisa menjadi jalan menuju pahala dan surga, asalkan orang tua dengan sungguh-sungguh menjalankan tugasnya untuk memberikan yang terbaik bagi anak, mulai dari masa dalam kandungan hingga dewasa, bahkan saat anak telah berkeluarga dan mampu hidup mandiri.

 

Baca Juga: Jangan Gunakan Pakaian Bergambar Saat Sholat, Ini Dia Hukumnya

 

Orang tua seringkali memiliki keinginan khusus tentang jenis kelamin anak, misalnya menginginkan anak laki-laki atau anak perempuan. Namun, sejati hati, setiap orang tua harus menerima segala anugerah yang diberikan Allah, karena setiap pemberian adalah rezeki yang telah ditentukan-Nya dan menjadi jalan menuju rezeki dan manfaat bagi mereka yang memiliki banyak anak.

 

Anak laki-laki dalam Islam memiliki keutamaan dan kebaikan yang senada dengan anak perempuan, seperti yang telah dijelaskan dalam berbagai sumber syariat Islam. Mari kita simak 10 keutamaan anak laki-laki dalam Islam berikut ini:

 

1. Anak Laki-Laki Milik Ibu

 

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a. menceritakan bahwa seorang lelaki pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang siapa yang lebih berhak atas perlakuan baiknya. Nabi menjawab, "Ibumu". Pertanyaan tersebut diulang tiga kali, dan setiap kali Nabi tetap menjawab, "Ibumu". Barulah pada pertanyaan keempat, Nabi menjawab, "Ayahmu". Hal ini menunjukkan bahwa anak laki-laki memiliki kedudukan yang sangat istimewa di mata ibu. Namun, orang tua tidak boleh menyalahgunakan hal ini dan harus bersikap adil dan bijaksana dalam mendidik anak.

 

2. Kelak Menjadi Pemimpin

 

Sebuah hadis juga menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah mencium seorang bayi laki-laki yang mengencingi beliau. Beliau juga memerintahkan untuk mencuci bayi perempuan yang melakukan hal yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa anak laki-laki dalam Islam diajarkan untuk menjadi pemimpin yang bijaksana dan bertanggung jawab dalam mengambil peran sebagai pemimpin di masa depan.

 

3. Melatih Menjadi Imam yang Adil bagi Wanita

 

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran surah An-Nisa ayat 34, kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita karena Allah telah melebihkan sebahagian dari mereka atas sebahagian yang lain. Dalam hal ini, anak laki-laki harus diajarkan untuk menjadi pemimpin yang adil bagi wanita dalam keluarganya.

 

4. Melatih Menjadi Sosok Pembawa Keluarga

 

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa setiap individu adalah pemimpin, dan masing-masing bertanggung jawab atas orang yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin dalam keluarganya. Anak laki-laki dalam Islam diajarkan untuk menjadi sosok pembawa keluarga yang tangguh dan bertanggung jawab.

 

Baca Juga: Muslim Wajib Tau!! Ini Dia 5 Perbedaan Sholat Pria & Wanita

 

5. Memberi Ajaran Ketegasan

 

Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan pentingnya mendisiplinkan anak-anak dalam hal beribadah, terutama salat. Anak laki-laki harus diajarkan untuk mengerjakan salat sejak berusia tujuh tahun dan didorong untuk melakukannya dengan keteguhan hati. Jika anak laki-laki meninggalkan salat saat berusia sepuluh tahun, orang tua berhak untuk mengingatkan dan, jika perlu, memberikan hukuman.

 

6. Mengajarkan tentang Janji

 

Dalam Islam, kebohongan dianggap sebagai perbuatan yang buruk. Seorang ayah harus mengajarkan anak laki-lakinya untuk selalu berbicara jujur dan menghargai janji yang telah diberikan.

 

7. Mengajarkan Jauh dari Dusta

 

Seorang anak laki-laki dalam Islam diajarkan untuk menghindari dusta dan berbicara dengan jujur. Tidak boleh berkata palsu, terutama terhadap anak kecil yang sering percaya begitu saja.

 

8. Mendapat Rahmat Kasih Sayang

 

Nabi Muhammad SAW pernah mencium anak laki-laki, Al-Hasan bin Ali, dan menyatakan bahwa siapa pun yang tidak menyayangi anak-anak, tidak akan mendapatkan rahmat Allah. Sebagai orang tua, menyayangi anak laki-laki adalah kewajiban yang harus dijalankan dengan penuh kasih sayang.

 

9. Penuh Rahmat

 

Selain itu, anak laki-laki juga harus belajar untuk memberikan rahmat dan kasih sayang kepada orang lain. Jika dia tidak menyayangi orang lain, maka dia pun tidak akan mendapatkan rahmat dari Allah.

 

10. Mengajari Kekuatan dan Mengikuti Aturan

 

Sebagai anak laki-laki, mereka diajarkan untuk memiliki kekuatan dan keberanian. Namun, mereka juga harus belajar untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan, sehingga mereka tumbuh menjadi sosok yang patuh pada hukum dan norma-norma agama.

 

Demikianlah 10 keutamaan anak laki-laki dalam Islam. Dalam agama Islam, anak laki-laki diajarkan untuk menjadi pemimpin yang bijaksana dan adil, serta penuh kasih sayang terhadap sesama. Orang tua harus mendidik anak laki-laki dengan baik agar kelak mereka dapat menjadi sosok yang berbakti kepada keluarga, masyarakat, dan agama. Semoga artikel ini menjadi motivasi bagi para orang tua untuk mendidik anak-anak laki-laki dengan penuh kasih sayang dan kebijaksanaan.

 

Baca Juga: Ini Dia 10 Keutamaan Anak Perempuan dalam Islam

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp