Sabar Hadapi Cobaan, Ini Dia 5 Keutamaannya

By. Dewi Savitri - 04 Aug 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Sikap sabar adalah hal yang sulit dilakukan bagi banyak orang. Namun, di balik kesulitan tersebut terdapat keutamaan yang melimpah ruah bagi mereka yang mampu bersabar. Al-Quran mengajarkan tentang keutamaan sabar, dan di dalamnya terdapat berbagai balasan indah dari Allah bagi hamba-Nya yang bersabar. Berikut adalah beberapa keutamaan bagi orang yang bersabar dalam islam:

 

Baca Juga: Baca Al-Qur'an di HP, Ini Dia Hukum dan Kelebihannya

 

1. Dicintai oleh Allah SWT

 

Keutamaan sabar dalam Islam yang pertama adalah mendapatkan cinta dari Allah SWT. Menghadapi tantangan hidup dengan kesabaran adalah hal yang sangat disukai Allah. Dalam QS Ali Imran ayat 146, Allah berfirman bahwa Dia menyukai orang-orang yang sabar dan tak lemah dalam menghadapi cobaan di jalan-Nya.

 

2. Diberi Petunjuk

 

Allah akan memberikan kabar gembira bagi hamba-Nya yang sabar menghadapi cobaan-Nya. Mereka akan mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah, serta termasuk golongan yang diberi petunjuk. Balasan indah ini diberikan Allah kepada orang-orang yang sabar dan bertahan dalam menghadapi musibah.

 

3. Diberikan Kebaikan di Akhirat

 

Allah menjanjikan keutamaan sabar dalam Islam sebagaimana dalam QS al-Baqarah ayat 155-157. Orang-orang yang sabar dalam menghadapi ujian akan mendapatkan ampunan dan rahmat dari Allah, serta mendapatkan petunjuk-Nya. Kesudahan yang baik akan diberikan bagi mereka yang bertakwa.

 

Baca Juga: Ini Dia Ikhlas dan Tingkatannya Menurut Syekh Nawawi Banten

 

4. Termasuk Orang yang Beruntung

 

Orang yang mampu bersabar dan tetap kuat dalam iman akan mendapatkan keberuntungan. QS ali-Imran ayat 200 mengungkapkan bahwa orang-orang yang bersabar akan beruntung dan mendapatkan keberkahan dari Allah.

 

5. Ditinggikan Martabatnya

 

Keutamaan sabar dalam Islam tak hanya berlaku di dunia, tapi juga di akhirat. Allah akan meninggikan martabat dan derajat orang-orang yang bersabar. QS. Al-Furqan ayat 75 menyatakan bahwa mereka akan mendapatkan balasan yang mulia di surga, disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat.

 

Subhanallah, betapa agungnya balasan bagi hamba Allah yang senantiasa bersikap sabar. Keutamaan sabar dalam Islam bukan hanya mendatangkan kebahagiaan di dunia, tetapi juga memberikan balasan yang mulia di akhirat. Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari keutamaan sabar ini dan senantiasa berusaha menjadikan kesabaran sebagai bagian dari karakter dan iman kita. Wallahu a'lam.

 

Baca Juga: Ini Dia 3 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat dari Ta'aruf

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp