Ini Dia Tata Cara dan 4 Manfaat Sholat Tasbih, Yuk Coba Lakukan

By. Dewi Savitri - 04 Aug 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Sholat tasbih merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Sholat ini terdiri dari empat rakaat dengan membaca tasbih sebanyak 75 kali pada setiap rakaatnya, sehingga keseluruhan bacaan tasbih dalam sholat ini mencapai 300 kali.

 

Baca Juga: Mau Sholat Tepat Waktu? Ini Dia 6 Tips Menjaga Sholat

 

Rasulullah SAW menekankan pentingnya sholat tasbih karena memiliki banyak manfaat bagi mereka yang melaksanakannya. Berikut ini penjelasan mengenai tata cara sholat tasbih beserta manfaat dan keutamaannya.

 

Tata Cara Sholat Tasbih

 

Berikut adalah tata cara sholat tasbih beserta bacaannya dalam tulisan Arab, latin, dan terjemahannya:

 

  1. Bacaan Niat dan Takbiratul Ihram (bersamaan dengan niat).
  2. Bacaan doa iftitah.
  3. Membaca Surat Al Fatihah.
  4. Membaca surat-surat dari Alquran (setelah membaca Surat Al-Fatihah, dianjurkan membaca surat At-Takaatsur, Al-Asr, Al-Kaafirun, dan Al-Ikhlas).
  5. Membaca tasbih "سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم" (Subhaanallah wal hamdulillah wa laailaaha illa alloohu wallaahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi") sebanyak 15 kali (sebelum ruku).
  6. Ruku dan membaca tasbih yang sama sebanyak 10 kali.
  7. I'tidal dan membaca tasbih yang sama sebanyak 10 kali.
  8. Sujud dan membaca tasbih yang sama sebanyak 10 kali.
  9. Duduk di antara dua sujud dan membaca tasbih yang sama sebanyak 10 kali.
  10. Sujud yang kedua dan membaca tasbih yang sama sebanyak 10 kali.
  11. Duduk istirahat (sebelum bangun untuk berdiri) dan membaca tasbih yang sama sebanyak 10 kali.
  12. Tasyahud dan membaca tasbih yang sama sebanyak 10 kali.
  13. Salam.

 

Manfaat Sholat Tasbih

 

1. Memberatkan Timbangan Amal Baik di Akhirat

 

Sholat tasbih memberikan manfaat untuk menguatkan timbangan amal baik di akhirat. Pada hari kiamat, setiap amal perbuatan akan ditimbang, baik yang baik maupun yang buruk. Melaksanakan sholat tasbih dengan penuh keikhlasan dapat membuat timbangan amal baik kita lebih berat sehingga dapat masuk surga.

 

Baca Juga: Hal-hal yang Sebelum Melaksanakan Sholat Taubat

 

2. Menghapuskan Dosa

 

Sholat tasbih juga memiliki manfaat untuk menghapuskan dosa-dosa kita. Rasulullah SAW bersabda bahwa mengucapkan tasbih dalam sholat tasbih akan menghapuskan dosa meskipun dosa tersebut sebanyak buih di lautan. Oleh karena itu, melaksanakan sholat tasbih dapat membersihkan hati dan memperoleh ampunan dari Allah.

 

3. Mendapatkan Kebun Kurma di Surga

 

Sholat tasbih juga memberikan manfaat berupa kebun kurma di surga. Rasulullah SAW bersabda bahwa bagi setiap kali mengucapkan tasbih dalam sholat tasbih, Allah akan menanamkan satu pohon kurma di surga. Dengan demikian, sholat tasbih akan memberikan keberkahan dan keindahan di akhirat.

 

4. Terhindar dari Penyakit dan Kesedihan

 

Sholat tasbih juga membawa manfaat untuk terhindar dari penyakit yang berat dan kesedihan. Dalam sholat tasbih, kita banyak mengucapkan tasbih dan memuji Allah, hal ini membantu menguatkan daya tahan tubuh dan pikiran sehingga kita terhindar dari kesedihan dan penyakit yang berat.

 

Maka dari itu, mari kita perbanyak amalan sholat tasbih dan melakukannya dengan penuh keikhlasan. Dengan melaksanakan sholat tasbih, kita akan mendapatkan banyak manfaat dan keutamaan dari Allah. Semoga kita semua selalu diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah dan mendapatkan keberkahan-Nya. Wallahu a'lam.

 

Baca Juga: 5 Manfaat Sholat Lima Waktu dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp