Ini Dia Keutamaan dan Tata Cara Puasa Nabi Daud

By. Dewi Savitri - 04 Aug 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Puasa Daud adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Puasa ini dilakukan dengan selang-seling, yaitu satu hari berpuasa dan satu hari tidak. Terdapat banyak keutamaan dan manfaat dari puasa Daud. Berikut penjelasan lebih lengkap tentang puasa sunnah Nabi Daud dalam islam, yuk simak!!

 

Baca Juga: 8 Tips Ampuh Atasi Bau Mulut Saat Puasa

 

  1. Amalan yang Disukai Allah Puasa Daud merupakan salah satu ibadah yang paling disukai oleh Allah SWT. Dalam hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda bahwa puasa Daud adalah puasa yang paling disukai di sisi Allah. Rasulullah SAW biasa berpuasa sehari dan berbuka (tidak berpuasa) sehari.
  2. Puasa Sunnah yang Paling Utama Puasa Daud juga merupakan puasa sunnah yang paling utama. Rasulullah SAW menyatakan dalam hadits bahwa puasa Nabi Daud adalah puasa yang paling utama. Nabi Daud biasa berpuasa sehari dan berbuka sehari.

 

Tata Cara Puasa Daud

 

  1. Waktu Puasa: Puasa Daud dilakukan dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

  2. Hari yang Dilarang Berpuasa: Terdapat beberapa hari yang tidak dianjurkan untuk berpuasa Daud, seperti hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha, hari tasyriq (11, 12, dan 13 Dzulhijjah), separuh terakhir bulan Sya’ban, dan hari yang diragukan (30 Sya’ban).
  3. Niat Puasa: Niat puasa Daud perlu dilakukan pada malam hari, yaitu sejak terbenamnya matahari sampai terbit fajar. Niat tersebut bisa dilakukan dengan lafaz sebagai berikut: "Nawaitu shauma dâwuda lillahi ta’âlâ" (Artinya: Saya berniat puasa Daud, sunnah karena Allah ta’ala). Jika seseorang lupa niat pada malam hari, maka masih boleh berniat di siang harinya sebelum dzuhur, selama belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Selain lafaz niat tersebut, ada lafaz lain yang bisa digunakan: "Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati dâwuda lillâhi ta‘âlâ" (Artinya: Aku berniat puasa sunnah Dawud hari ini karena Allah ta’ala).

 

Baca Juga: Mana yang Utama? Qadha Puasa Ramadhan atau Puasa Sunah Syawwal Dahulu

 

Keutamaan dan manfaat puasa Daud tidak hanya mendatangkan keridhaan Allah SWT, tetapi juga membawa dampak baik bagi kesehatan dan perilaku. Puasa selang-seling dapat membantu tubuh beradaptasi dengan pola makan yang sehat dan mengurangi risiko penyakit tertentu. Selain itu, puasa Daud juga mengajarkan ketekunan dan kesabaran dalam beribadah.

 

Jadi, bagi umat Islam yang ingin mendekatkan diri kepada Allah dan meraih keutamaan puasa Daud, diharapkan untuk melaksanakan puasa ini dengan penuh keikhlasan dan kesadaran. Semoga ibadah ini dapat menjadi ladang amal yang baik di hadapan-Nya. Wallahu a'lam.

 

Baca Juga: Ayo Puasa Tarwiyah ! Bisa Hapuskan Dosa Setahun

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp