Berikut Ini Hal-hal yang Makruh dilakukan Ketika Mandi

By. Siti Rahmawati - 07 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Mandi merupakan aktivitas membersihkan diri yang diperintahkan agama. Bahkan dalam beberapa hal, syariat Islam mewajibkan mandi guna menghilangkan najis dan kotoran di tubuh. Namun, seyogyanya umat Islam harus memperhatikan mengenai hal-hal yang dimakruhkan saat mandi.

 

Berbagai Hal yang Sifatnya Makruh Ketika Melakukan Mandi Wajib. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dihindari saat sedang melakukan mandi wajib, antara lain:

 

1. Menggunakan Air Secara Berlebihan

“Nabi SAW mandi dengan satu hingga lima gayung air serta berwudhu dengan secupak air”

 (HR Bukhari dan Muslim)

 

“Cukuplah bagi engkau mandi dengan segantang air. Lalu seorang lelaki berkata, ini tidak mencukupi bagiku. Jabir menjawab, Ia telah mencukupi bagi yang lebih baik serta rambutnya lebih lebat daripada engkau (yakni Rasulullah SAW)” 

(HR Bukhari dan Muslim)

 

Jika menurut hadist diatas, bisa disimpulkan bahwa ketika melaksanakan mandi wajib, kita tidak diperbolehkan untuk menggunakan air secara berlebihan. Air yang kita gunakan secukupnya saja agar tidak menyia-nyiakannya.

 

2. Mandi dari Air yang Menggenang 

“Janganlah seseorang untuk yang junub mandi di dalam air yang tenang. Orang banyak bertanya. Wahai abu hurairah bagaimanakah yang seharusnya dia lakukan? Abu hurairah menjawab, ambil air.

 

Baca juga:

 

Dengan tangan atau bekas kecil beserta niat mengambil sekiranya air itu sedikit, supaya tidak terjadi musta’mal yang menyebabkan bersentuhan dengan tangan, ambil sedikit air dari sebelum berniat mengangkat janabah. Kemudian berniat, membasuh tangan, dan ambilah air seterusnya dengan tangannya itu”
 

Di dalam hadits diatas, sudah dituliskan bahwa sebenarnya seorang muslim yang akan melakukan mandi wajib disarankan untuk menggunakan air yang mengalir.

 

3. Mandi tanpa penutup

Mandi tanpa penutup yakni tanpa berupa dinding atau benda yang lainnya. Hal ini juga berdasarkan hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Innallaha azza wa jalla hayyiyun yuhibbul-hayya-a faidzaghtasala ahadukum falyastatir,”.

 

Yang artinya: “Sesungguhnya Allah azza wa jalla itu Mahapemalu lagi Maha Tertutup, yang mencintai orang-orang yang pemalu. Karena itu jika salah seorang di antara kamu mandi, hendaklah ia memakai penutup,”.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp