Sebulan Haji 4 Kali ? Bisa, Lakukan Ini !

By. Siti Rahmawati - 08 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Ibadah haji selalu menjadi ibadah yang dirindukan kaum muslim. Terlebih dengan keterbatasan kuota haji dan lamanya masa tunggu, tidak mungkin menjalankan ibadah haji setiap tahun. 

 

Namun, ada ibadah yang bisa kita lakukan dengan nilai ganjaran layaknya beribadah haji. Apa saja ibadahnya, simak uraian berikut ini !

 

1. Sholat jum’at

Siapa sangka, ternyata pahala sholat Jumat sangat besar sehingga disandingkan dengan pahala ibadah haji. Bahkan dalam Kitab Al-Mawaizh Al-Usfuriyah disebutkan sholat Jumat seperti Haji 4 (empat) kali dalam sebulan.

 

Baca juga :

 

Dikutip dari laman NU Online, dalam satu hadis disebutkan tentang keutamaan Jumat. Berikut bunyi hadisnya:

 

 الجمعة حج الفقراء 

 

"Jumat adalah hajinya orang-orang fakir."

 (Hadis riwayat Al-Qadla'i dan Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas) 

 

Meski hadis ini tergolong memiliki sanad yang lemah, tetapi bisa diamalkan karena berkaitan dengan fadhail a'mal (keutamaan amaliyah) dan bukan dalam konteks penetapan hukum.

 

Keutamaan pahala Jumat disandingkan dengan haji bukan berarti menyimpulkan ibadah haji bisa digantikan dengan Jumat. Bagi orang yang mampu, tetap berkewajiban melaksanakan haji.

 

Baca juga :

 

2. Sholat Dhuha di awal waktu

Shalat Duha adalah salah satu shalat sunnah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Melakukan Shalat Dhuha sebagai ibadah sunnah dapat menjadi pelengkap bagi ibadah wajib seperti Shalat lima waktu. Dengan melakukan Shalat Dhuha, seseorang menunjukkan kecintaan dan keinginan untuk mendekatkan diri kepada Allah, sehingga meningkatkan kesempurnaan ibadahnya.

 

Di dalam hadits riwayat At-Tirmidzi dijelaskan:

 “Siapa menunaikan shalat subuh dengan jamaah atau di hadits lain dikatakan di masjid, lalu dia tidak langsung beranjak, dia berdzikir dulu hingga sampai tiba awal dhuha, kemudian dia shalat di awal dhuha itu, maka ia dapat pahala senilai haji dan umrah,”

 

Namun Ustaz Adi Hidayat mengingatkan bahwa hal tersebut jangan dipahami dengan kalimat bahwa jika shalat syuruq artinya sudah haji dan umrah. “Ini senilai pahala haji dan umrah tapi belum tentu dapat kemuliaan shalat di masjidil haram masjid nabawi,” kata Ustaz Adi Hidayat.

 

Namun pahala mengerjakan shalat syuruq itu pahalanya baik yakni seperti mengerjakan haji dan umrah. “Ini senilai pahala haji dan umrah tapi belum tentu dapat kemuliaan shalat di masjidil haram masjid nabawi,” kata Ustaz Adi Hidayat. Namun pahala mengerjakan shalat syuruq itu pahalanya baik yakni seperti mengerjakan haji dan umrah.

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp