Ibadah Haji adalah Bentuk Jihad Seorang Wanita

By. Siti Rahmawati - 08 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Setiap bentuk  ibadah dalam islam telah memiliki tuntunan dan memiliki keutamaannya masing-masing. Begitu juga dengan ibadah haji.

 

Pada masa Rasulullah SAW, para wanita memang sangat jarang terlibat peperangan. Sehingga mereka terkadang bertanya-tanya bagaimana jihadnya wanita? Bagaimana cara mereka bisa mendapatkan pahala mati syahid? Bagaimana mereka bisa mendapatkan keutamaan berperang di jalan Allah?

 

Pertanyaan ini sebagaimana yang ditanyakan ibunda ‘Aisyah radhiallahu ‘anha kepada Rasulullah shallalallahu ‘alaihi wa sallam,

 

يَا رَسَوْلَ اللهِ، هَلْ عَلَى النِّسَاءِ جِهَادٌ؟ قَالَ:

 

“Wahai Rasulullah, apakah ada jihad bagi wanita?” Beliau menjawab, “Jihad yang tidak ada peperangan di dalamnya, yaitu haji dan umrah.” 

 

Baca juga :

 

Sehingga dapat dikatakan bahwasannya ibadah umrah dan haji adalah jihad bagi mereka. Sebagian besar dari kita sepertinya telah paham bahwa kaum wanita, ataupun mereka yang lanjut usia adalah yang dalam hal fisik lemah jika dibandingkan dengan laki-laki. Kelemahan dalam fisik ini menyulitkan mereka untuk berjihad dengan atau berperang ketika pada zamannya Rasulullah SAW.

 

Meskipun sangat sulit untuk turut serta dalam perang, akan tetapi para wanita maupun mereka yang lanjut usia masih bisa memperoleh pahala jihad tanpa harus berperang. Caranya adalah dengan melaksanakan ibadah haji ataupun umroh.

 

Seperti dalam hadist Ibdu Majah, Dari Aisyah RA ia mengatakan “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad ? Rasulullah SAW pun menjawab “Iya, dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yakni dengan haji dan umroh”. Bukan hanya itu saja, ada hadist berikutnya yang dapat menerangkan keutamaan ibadah umroh untuk kaum wanita, orang lanjut usia ataupun kaum yang lemah.

 

جهاد الكبير والضعيف والمرأة : الحج والعمرة (رواه النسائي بإسناد حسن)

 

“Jihadnya orang tua, lemah dan wanita adalah haji dan umrah” 

(HR.an-Nasaai dengan sanad hasan)


 

Keutamaan yang begitu besar dari ibadah umrah kiranya dapat menjadi sebuah pencerahan untuk kita yang memang sudah mampu, agar melaksanakan ibadah yang satu ini dengan ikhlas semata-masa untuk beribadah kepada Allah SWT dan berharap ridho-Nya. 

 

Menghadirkan keikhlasan dalam hati adalah hal yang sangat penting untuk ditanamkan sebelum melaksanakan ibadah umrah dan bahkan juga ibadah apapun penting untuk menanamkan dalam hati mengenai keikhlasan ini.

 

Selain itu, untuk dapat memperoleh berbagai keutamaan ibadah umrah, termasuk juga pahala yang sama dengan jihad bagi kaum wanita maupun orang tua, jelasnya serangkaian rukun dalam umrah dapat anda lakukan dengan khusyu’. Beberapa titik di Tanah Suci juga merupakan tempat yang mustajab untuk memanjatkan do’a sehingga anda pun ketika melaksanakan ibadah umrah, berdo’alah dengan khusyu juga serta memohon segala ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa.

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp