Upaya Membiasakan Diri Bersikap Tasamuh dan Hikmah Perilaku Tasamuh

By. Siti Rahmawati - 08 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Dalam bahasa Arab, tasamuh artinya toleransi. Hal ini senada dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang menyatakan tasamuh adalah kelapangan dada; keluasan pikiran; toleransi. Toleransi sendiri juga bisa berarti tenggang rasa, lapang dada, dan bermurah hati. Sementara itu, menurut istilah tasamuh artinya saling menghormati dan menghargai antara manusia dengan manusia lain.

 

Tasamuh adalah sikap terpuji dalam kehidupan sosial, di mana terdapat rasa saling menghargai dan menghormati antara satu dengan yang lainnya, namun masih dalam batas-batas yang digariskan oleh ajaran agama Islam. Tasamuh juga bisa dikaitkan sebagai sikap menghargai pendirian seseorang mulai dari pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, dan kelakuan.

 

Untuk mempunyai akhlakul karimah dalam bentuk tasamuh, perlu melakukan antara lain:

a. Memahami jalan pikiran orang lain atas perbuatan yang dilakukan. Dengan demikian kita dapat lebih mengetahui hakikat dari perbuatan tersebut. Dengan kata lain, tidak hanya menilai fakta, namun perlu memahami proses.

 

Baca juga :

 

b. Menghargai dan menghormati hak-hak orang lain. Sebagaimana kita juga merasa senang jika keadaan kita dihargai dan dihormati oleh orang lain.

 

c. Mencoba mengetahui lebih mendalam atas perbuatan orang lain terhadap kita. Sehingga mengetahui sejauh manakah hubungan perbuatan dengan motivasi, keyakinan dan kepentingannya.

 

d. Berusaha lebih teliti melihat perbuatan sendiri. Kemungkinan, orang lain lebih benar daripada apa yang kita lakukan.

 

e. Senantiasa mengevaluasi diri. Sehingga tahu akan kekurangan diri sendiri untuk diperbaiki dan mau menghargai orang lain

 

Fungsi tasamuh adalah membuat para pelakunya semakin memiliki banyak saudara karena sikap rendah hati dan mudah menghargai pendapat orang lain. Tasamuh artinya memberi manfaat bagi perdamaian dan kerukunan masyarakat. Tasamuh akan mengembangkan sikap menghargai dan menghormati serta tenggang rasa terhadap sesama manusia.

 

Baca juga : 

 

Tasamuh juga membuat segala urusan dan kesulitan yang dilakukan lebih mudah diselesaikan. Tasamuh akan membuat suasana lebih akrab antara satu orang dengan orang yang lain. Dengan tasamuh akan muncul sikap kebiasaan saling menghormati perbedaan pendapat.

 

Hikmah Perilaku Tasamuh

1. Dapat memberikan kesejukan jiwa kepada diri sendiri dan orang lain.

2. Menimbulkan sikap dan perangai yang mulia.

3. Mendapatkan teman yang semakin banyak.

4. Timbul rasa tenang pada diri sendiri dan orang lain.

5. Memudahkan penyelesaian persoalan yang nampak sulit bagi orang lain.

6. Mudah mendapatkan relasi.

7. Jika mendapat kesulitan, akan banyak orang yang menolong.

8. Jika melakukan kesalahan, banyak orang yang mau memahami.

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp