Hukum Mengikat Rambut Saat Sholat, Benarkah Dilarang??

By. Dewi Savitri - 09 Aug 2023

Bagikan:
img

batmuritour.com- Hai sobat batemuri!! Dalam menjalankan ibadah shalat, setiap detail memiliki peran penting. Salah satu hal yang sering menjadi perhatian adalah bagaimana kita merawat rambut saat shalat. Terdapat hadis yang memberikan panduan tentang mengikat rambut dalam shalat, dan kita akan mengulasnya lebih lanjut dalam artikel ini. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

 

Baca Juga: Bolehkah Baca Bacaan Sholat dalam Hati? Ini Dia Hukumnya!!

 

Hukum Mengikat Rambut dalam Shalat

 

Dikutip dari nuonline, dalam hukum syariat, ada dua jenis larangan: wajib (haram) dan anjuran. Larangan dalam hadis mengenai mengikat rambut dalam shalat termasuk dalam kategori mana? Menurut penjelasan dari An-Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim, para ulama sepakat bahwa mengikat baju, lengan, atau rambut kepala saat shalat adalah hukumnya makruh tanzih, yaitu makruh yang tidak mencapai tingkat terlarang (haram).

 

Dari penjelasan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa larangan ini bersifat anjuran untuk tidak mengikat rambut dalam shalat. Meskipun makruh, tindakan ini tidak membatalkan keabsahan shalat.

 

Baca Juga: Menangis Batalkan Sholat? Ini Dia Hukum Sebenarnya!!

 

Siapa yang Terlarang Mengikat Rambut?

 

Ketika memahami larangan ini, perlu diperhatikan juga kepada siapa larangan ini ditujukan. Menurut Al-Munawi dalam Faidhul Qadir, larangan ini khusus bagi laki-laki dan tidak berlaku untuk perempuan. Hal ini dikarenakan rambut perempuan adalah aurat yang harus ditutupi saat shalat. Jika rambut perempuan terurai, shalat menjadi batal. Oleh karena itu, perempuan tidak dilarang untuk mengikat rambut dalam shalat.

 

Bagi perempuan, mengikat rambut saat shalat bisa menjadi wajib jika rambutnya akan terurai dan tidak tertutupi. Mengingat rambut adalah bagian aurat yang harus dijaga. Namun, bagi laki-laki yang memiliki rambut panjang, disarankan untuk mengurai rambutnya agar mencapai lantai saat sujud. Namun, sebagian kening harus tetap terbuka, karena menempelkan sebagian kening pada tempat sujud adalah kewajiban dalam shalat.

 

Dalam merawat rambut saat shalat, kita perlu memahami hukum dan panduan yang berlaku. Bagi perempuan, mengikat rambut dalam shalat tidak dilarang, bahkan bisa menjadi wajib untuk menjaga aurat. Namun, bagi laki-laki, mengikat rambut saat shalat adalah makruh tanzih, sehingga sebaiknya dihindari. Pahami dengan baik hukum ini agar kita bisa menjalankan shalat dengan khusyuk dan sesuai dengan ajaran agama.

 

Baca Juga: Bolehkah Baca Bacaan Sholat dalam Hati? Ini Dia Hukumnya!!

 

Wallahu a'lam bisshowab

Sekian pembahasan Batemuri Tour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di batemuritour.cs@gmail.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp