3 Keutamaan Dalam Mengamalkan Syahadat, Nomor 3 Bikin Kaget

By. Darma Taujiharrahman - 17 Feb 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Dasarnya, kewajiban membaca syahadat tidak hanya berlaku saat seorang muslim mulai menganut dan mempercayai ajaran agama Islam saja.

 

Masih banyak amalan-amalan lain yang diwajibkan untuk membaca syahadat diantaranya adalah dalam sholat juga dalam lafal azdan. 

 

Selain itu, syahadat juga menjadi amalan sunnah yang memiliki banyak keutamaan yang tentunya perlu sobat Annabil ketahui, antara lain:

 

Baca juga: Syahadat, Amalan Pertama Seorang Muslim

 

1. Berdzikir

 

Lafal syahadat merupakan salah satu amalan yang dibaca saat seorang muslim melakukan dzikir. Dzikir berasal dari kata dzakara, yadzkuru yang artinya merupakan perbuatan lisan yaitu menyebut/menuturkan/mengatakan dilakukan secara lisan ataupun dari dalam hati.

 

Perintah melakukan dzikir telah disampaikan Allah SWT dalam beberapa surat antara lain An-Nisa ayat 103, Al-Maidah ayat 4 dan Al-Jumu’ah ayat 10.

 

Dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa Dzikir yang paling utama dalah hidup seorang muslim adalah dengan melafalkan kalimat syahadat yaitu “la Ilaha illAllah dan Allahu Akbar”. Keutamaan ini telah termaktub dalam al-Quran surat Muhammad ayat 19.

 

Baca juga: 3 Rekomendasi Tempat Kuliner Menarik di Makkah, Nomor 2 Bikin Kaget

 

2. Meneguhkan Hati

 

Sebagai suatu kebiasaan yang sudah menjadi reflex di alam bawah sadar, dengan berdzikir seseorang akan memperkuat keyakinan terhadap sesuatu.
Begitupun berlaku pada amalan syahadat, bahwa dengan mengamalkan ikrar syahadat dalam keseharian seorang muslim dapat memperkuat keteguhan hatinya untuk taat dan bertaqwa kepada Allah SWT.

 

KH Kharisuddin Aqib pun mengajak agar umat Islam dalam pengajian selapanan di Pondok Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab, Ngonggot Nganjuk, untuk senantiasa memperbanyak membaca kalimat syahadat. Menurutnya dengan mengamalkan kalimat syahadat, maka kehidupan akan tenteram di dunia maupun di akhirat.

 

3. Mudah 

 

Berdzikir dengan lafal syahadat memiliki berbagai keutaman yang dapat mengantarkan seorang seorang muslim untuk mendekati kebahagiaan di akhirat yaitu Surga. Hal ini telah disampakan oleh Nabi Muhammad SAW melalui hadits yang diriwayatkan Muslim dari Usman bin Affan bahwa Nabi Muhammad berkata “ Barang siapa yang meninggal, sementara dia mengetahui/memahami Lâ ilâha illâllâh (bahwa, Tidak ada tuhan selain Allah), maka dia akan masuk surga.”

 

Dengan berbagai keutaman yang dijanjikan Allah SWT, ternyata membaca lafal syahadat tidaklah sulit. Pasalnya lafal syahadat hanya terdiri dari dua susun kalimat yaitu “asyhadu alla Ilaha illAllah dan asydahu anna Muhammad Rasulullah” dan tanpa syarat ketentuan khusus sehingga sangat mudah untuk diamalkan dalam aktivitas sehari-hari.

 

Baca juga: 5 Rekomendasi Kuliner Menarik Dekat Masjid Nabawi, Nomor 4 Bikin Kaget



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp