Wisata Religi Walisongo : Sunan Gunung Jati

By. Siti Rahmawati - 14 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Makam Sunan Gunung Jati adalah daya tarik bagi orang-orang yang ingin melakukan wisata religi. Jumlah wisatawan yang datang ke tempat ini pun semakin berkembang. Karenanya, banyak warga sekitar yang berjualan makanan dan souvenir di sekitar tempat ini.

 

Makam Sunan Gunung Jati terletak hanya 4,5 km dari Stasiun Cirebon, tepatnya di Jalan Alun-Alun Ciledug Nomor 53, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon. Jejak sejarah penyebaran Islam di Indonesia ini kerap menjadi destinasi wisata religi atau tempat berziarah.

 

Sunan Gunung Jati yang lahir dengan nama Syarif Hidayatullah adalah salah satu wali dari sembilan wali atau Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Sunan Gunung Jati lahir tahun 1448 dan tutup usia pada 1568.

 

Baca juga :

 

 

Sumber gambar : viva.co.id

 

Memasuki kawasan tersebut, aroma dupa dapat langsung tercium. Saat mengunjungi Makam Sunan Gunung Jati, detikers juga perlu melepas alas kaki sebelum memasuki pintu masuk. Setelah itu, Anda dapat mengisi buku tamu.

 

Kompleks Makam Sunan Gunung Jati memiliki 9 pintu utama atau lawang sanga. Kendati demikian, peziarah umum hanya diizinkan sampai pintu ke-4 di serambi muka Pesambangan.

 

Sementara itu, pintu kelima sampai sembilan hanya diperuntukkan bagi keturunan Sunan Gunung Jati, yaitu para sultan dan kerabatnya di Keraton Kasepuhan, Kanoman, dan Kacirebonan. Pusat dari kompleks tersebut adalah Makam Sunan Gunung Jati yang terletak setelah pintu ke-9, terletak di puncak Gunung Sembung yang tingginya mencapai 20 meter.

 

Baca juga : 

 

Hal menarik lainnya di makam ini adalah desain arsitektur dan interiornya yang merupakan perpaduan ciri khas Arab, Jawa, dan Cina. Nuansa yang tercipta dari gaya khas tiga negara itu adalah nuansa religi yang cantik dan unik. Tak heran jika tempat ini juga menarik perhatian pecinta arsitektur dan interior.

 

Meski tidak dipungut biaya, pengunjung disarankan memberi uang seikhlasnya bagi juru kunci yang turut menjaga dan melestarikan Makam Sunan Gunung Jati. Destinasi wisata religi ini buka setiap hari selama 24 jam.

 

Makam ini memang tak pernah sepi oleh peziarah yang datang dari seluruh pelosok negeri ini. Bukan hanya itu, beberapa peziarah juga datang dari luar negeri, di komplek pemakaman ini banyak warga yang menjual berbagai macam kebutuhan utamanya makanan.

 

Jadi tidak usah takut untuk menginap di tempat ini. Toilet juga tersedia di tempat ini untuk kegiatan MCK dengan cukup dengan membayar Rp 2.000 rupiah untuk buang air kecil dan Rp 3.000 rupiah untuk mandi dan buang air besar.

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp