7 Hal yang Dapat Membuat Murtad Tanpa Sadar, Nomor 6 Sering Terjadi

By. Darma Taujiharrahman - 20 Feb 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Hai sobat Annabil!!! Berhati-hatilah dalam beberapa hal ini, bisa-bisa anda dianggap murtad karena melakukannya.

 

Sebagaimana disampaikan oleh KH Aceng Muhammad Ali berdasarkan kitab Sulam at Taufiq tentang hal-hal yang bisa membuat muslim murtad terdapat beberapa penyebab dan berikut ini penjelasannya:

 

 

Pertama yang membuat seorang bisa murtad yaitu menyebut seorang muslim dengan agama diluar islam, seperti “hai kafir” atau “hai yahudi”, maka seorang muslim memanggil muslim yang lain dengan sebutan agama lain menjadi murtad.

 

Kedua, orang yang menganggap enteng terhadap janji Allah seperti surga bagi yang berbuat taat serta menganggap enteng terhadap ancaman siksa dalam neraka bagi yang membuat kemaksiatan. Sehingga orang yang menganggap hal tersebut enggan berbuat baik dan sering membuat maksiat, maka orang tersebut sudah murtad.

 

Ketiga menganggap perintah Allah SWT itu dzolim, seperti ketika kita sedang sakit parah kemudian enggan sholat karena sholat bisa membuat kita tambah sakit sehingga kita menganggap perintah Allah SWT itu dzolim, maka hal demikian membuat kita murtad.

 

Keempat, jika kita berkata “jika Allah memerintahkan saya untuk …. (sholat, zakat, dan perintah taat lainnya), saya tidak akan melaksanakannya.” Atau jika kita mengucapkan “seandainya Allah memberiku kesempatan masuk surga, maka aku tidak akan memasukinya.” Maka hal tersebut sama dengan membuat kita murtad.

 

Kelima, mempermaikan bacaan Al-Quran, sehingga bacaan Al-Quran tidak sesuai dengan hukum tajwid dan makharajul hurufnya dan merusak makna atau menyalahgunakan makna dari Al-Quran sendiri.

 

Keenam, tersinggung ketika dinasehati terhadap keburukan atau kemaksiatan yang dilakukan oleh dirinya (muslim).

 

Ketujuh, jika kita berkata kepada muslim bahwa “aku adalah musuhmu dan nabimu!”, dan atau berkata kepada seorang habib atau sayid atau syarif (dzuriyah rasul), bahwa “aku musuhmu dan musuh kakekmu (nabi Muhammad SAW)!”, serta jika kita mengganggap hukum syari’at bukan sebagai syari’at islam. Maka hal tersebut juga membuat kita murtad.

 

Selain faktor-faktor yang bisa menjadikan muslim menjadi murtad, ada juga faktor yang mendekatkan kita pada kemurtadan, seperti kebiasaan mengucapkan hal-hal yang bersifat jelek, kasar atau jorok dan menyakiti hati orang lain, maka hal tersebut bisa mendekati pada kemurtadan.

 

Oleh karena itu, marilah kita saling bermuhasabah dan mawas diri agar tidak terjerumus pada murtad yang tidak disadari.

 

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di batemuritour.cs@gmail.com

 

WaAllahu a'lam bissowab

 



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp