Tutup Mulut saat Menguap, Ini Dia 6 Adab Menguap dalam Islam

By. Dewi Savitri - 15 Aug 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Dalam ajaran Islam, menjalani setiap aspek kehidupan dengan adab dan kesadaran akan pentingnya menjaga kehormatan ibadah serta kesehatan diri adalah hal yang ditekankan. Hal ini termasuk dalam perihal sederhana seperti menguap. Meskipun terlihat sepele, menguap dengan adab adalah tindakan yang dihormati dalam Islam. Di bawah ini, kami akan membahas tentang adab menguap dalam Islam, termasuk rujukan dari hadis-hadis dan penjelasan ulama.

 

Baca Juga: Ini Dia Hukum Belajar Ilmu Tajwid dalam Islam

 

1. Menutup Mulut dengan Tangan Kiri atau Kanan?

 

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah sebaiknya menutup mulut saat menguap dengan tangan kiri atau tangan kanan. Beberapa ulama menganjurkan untuk menggunakan tangan kiri. Mengapa? Karena menguap dianggap sebagai perbuatan yang tidak baik, maka lebih baik menggunakan tangan kiri yang memiliki konotasi yang lebih rendah. Konsep ini didasarkan pada prinsip mengutamakan tangan kanan untuk tindakan mulia dan tangan kiri untuk tindakan yang dianggap lebih hina.

 

2. Cara Menutup Mulut dengan Tangan Kiri

 

Cara yang dianjurkan adalah meletakkan punggung tangan kiri di mulut, bukan telapak tangan. Hal ini didasarkan pada beberapa pendapat ulama. Mereka menyatakan bahwa meskipun tangan kanan adalah tangan yang diberi keutamaan, tetapi dalam konteks ini, tangan kiri lebih sesuai untuk menutup mulut saat menguap.

 

3. Pendapat Ulama

 

Meskipun terdapat variasi dalam pendapat ulama, yang penting adalah usaha untuk menutup mulut ketika menguap. Ketika menguap di tengah shalat, perlu diusahakan menahan mulut agar tidak terbuka. Jika tidak mampu menahannya, Anda dapat menggunakan tangan untuk menutup mulut dengan punggung tangan kiri atau tangan kanan.

 

4. Menguap di Tengah Shalat

 

Menguap di dalam shalat dianggap makruh (tidak disukai), terutama jika tidak ada usaha untuk menahan atau menutup mulut. Hal ini lebih penting lagi untuk diperhatikan karena setan sering mencoba mengganggu khusyuk seseorang dalam shalat. Jadi, menjaga konsentrasi dan kehormatan ibadah adalah prioritas.

 

Baca Juga: 8 Adab dalam Jual Beli Online Menurut Islam

 

5. Perlunya Persiapan

 

Sebelum Shalat Agar menghindari menguap di tengah shalat, persiapkan diri sebaik mungkin sebelum melaksanakan shalat. Memastikan Anda cukup istirahat dan tidak merasa lapar atau lelah akan membantu mengurangi kecenderungan untuk menguap di tengah ibadah.

 

6. Memohon Pertolongan dan Perlindungan Allah

 

Sebelum melaksanakan shalat, mohonlah pertolongan dan perlindungan Allah agar setan tidak dapat mengganggu khusyuk Anda dalam beribadah. Doa dan kesadaran spiritual ini akan membantu menjaga fokus dan adab dalam shalat.

 

Jadi, adab menguap dalam Islam menunjukkan bahwa setiap tindakan sekecil apapun tetap perlu dikerjakan dengan kesadaran dan penghormatan. Melalui tindakan sederhana ini, kita menghormati kesehatan, kehormatan ibadah, dan juga menjaga konsentrasi kita dalam beribadah. Semoga kita selalu dapat menjalani kehidupan dengan kesadaran dan adab sesuai dengan ajaran Islam.

 

Baca Juga: Hukum Menelan Air Liur Saat Puasa, Apakah Batal??

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp