Kewajiban Berdakwah dalam Islam

By. Siti Rahmawati - 16 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Masyarakat seringkali terjebak pada keterbatasan makna dakwah, dakwah hanya dimaknai sebagai tabligh, ceramah, atau khutbah. Tentu makna dakwah seperti itu tidak salah dan sah-sah saja, namun model dakwah seperti itu merupakan salah satu metode dakwah yang sifatnya verbalistis dan monologis.

 

Untuk memenuhi ruang dakwah yang lebih luas diperlukan metode dan strategi dakwah yang lebih variatif. Jika merujuk QS. an-Nahl [16]: 125, Allah menjelaskan beberapa metode utama dalam berdakwah:

 

ٱدْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِٱلْحِكْمَةِ وَٱلْمَوْعِظَةِ ٱلْحَسَنَةِ ۖ وَجَٰدِلْهُم بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِۦ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِٱلْمُهْتَدِينَ

 

Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. Sesungguhnya Rabbmu Dia-lah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

(QS. an-Nahl [16]:125)

 

Baca juga : 

 

Dari ayat di atas, Allah mengajarkan kepada Rasulullah Saw. beberapa metode berdakwah, antara lain berdakwah dengan hikmah, mauizah hasanah (pelajaran yang baik), dan mujadalah bi al-ihsan (membantah dengan cara yang baik).

 

Metode Dakwah

1) Dakwah bi al Hikmah, yaitu berdakwah dengan ungkapan yang mengandung kebenaran dan mendalam secara arif dan bijaksana sehingga objek dakwah dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. 

 

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, Dakwah bi al-hikmah adalah mengajak manusia kepada kebaikan dengan penuh kebijaksanaan. Secara praktis, dakwah Islamiyah dengan hikmah yaitu mengajak bukan mengejek, merangkul bukan memukul, menumbuhkan bukan merubuhkan, dan memuliakan bukan merendahkan.

 

2) Dakwah bi al-mau’izah al-hasanah atau pelajaran yang baik, secara bahasa mau’izah hasanah terdiri dari dua kata yaitu mauizah dan hasanah. Kata mau’izah berasal dari kata wa’aza ya’izu wa’zan ‘izatan wa mau’izatan (masdar mimi) yang berarti nasihat, bimbingan, pendidikan, dan peringatan. Adapun hasanah berarti kebaikan yang merupakan kebalikan dari sayyi’ah yang artinya keburukan.

 

3) Dakwah al-Mujadalah bi al-Ihsan. Mujadalah berasal dari kata jadala yang sering dimaknai dengan berdebat, adu argumen, atau dialog antara da’i dan mad’u-nya. Secara hakiki, mujadalah sebenarnya lebih mengarah pada perlawanan yang tujuannya untuk mempertahankan pendapat yang paling benar.

 

Baca juga :

 

Strategi Dakwah

Strategi atau taktik dalam melaksanakan dakwah sangat diperlukan agar tujuan dakwah bisa tercapai dengan efektif dan efisien. Strategi juga bisa dipahami sebagai segala cara dan daya untuk menghadapi sasaran tertentu dalam kondisi tertentu agar memperoleh hasil yang diharapkan secara maksimal.

 

Dengan demikian, strategi dakwah dapat diartikan sebagai proses menentukan cara dan daya upaya untuk menghadapi sasaran dakwah dalam situasi dan kondisi tertentu guna mencapai tujuan dakwah secara optimal. Dengan kata lain strategi dakwah adalah siasat, taktik, atau cara yang ditempuh dalam rangka mencapai tujuan dakwah.

 

Strategi dakwah, ada yang berhubungan dengan da’i itu sendiri, objek dakwah, materi dakwah, dan media dakwah. Seorang da’i sejatinya harus mempersiapkan diri baik secara psikis maupun fisik, ruh maupun raga, ilmu, dan amal. Dan yang paling penting adalah dia menjadi model dalam melaksanakan ajaran-ajaran yang didakwahkan.

 

Objek dakwah atau dikenal dengan istilah mad’u adalah orang-orang yang akan atau harus diseru, diajak, dibimbing, dan diarahkan. Materi dakwah adalah sekumpulan nilai-nilai, norma, dan ajaran Islam mulai dari masalah akidah, ibadah, akhlak, hukum, dan lain-lain.

 

Media dakwah adalah segala hal yang dapat digunakan untuk membantu terlaksananya kegiatan dakwah islamiyah, seperti media cetak, elektronik, dan media lainnya.

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp