Ulasan tentang Kebolehan Memilih Tiga Cara dalam Haji 

By. Siti Rahmawati - 21 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Walaupun ibadah haji itu tampak berat  karena harus meninggalkan tanah air dan jangka waktu yang lama, menempuh jarak yang jauh, berpindah dari satu tempat ke tempat lain, tetapi di balik itu ada kemudahan kemudahan yang  Allah berikan. Salah satunya adalah  dibolehkannya jamaah haji memilih satu dari tiga jenis ibadah haji yaitu : Tamattu', Qiran dan Ifrad.

 

Data menunjukkan bahwa Jumlah jemaah haji Indonesia tahun 2018 yang seluruhnya berjumlah 205.718, sebanyak 2.553 orang (1.24%) melaksanakan haji ifrad, sebanyak  203.147 orang (98.75%) melaksanakan haji tamattu' dan sebanyak 18 orang (0.01%) melaksanakan haji qiran. Data ini menunjukkan bbahwa jamaah haji Indonesia melaksanakan haji  dari salah satu dari jenis haji (ifrad, tamattu, qiran). 

 

Namun demikian, jenis haji yang paling banyak dilakukan jemaah adalah haji tamattu. Sebab haji tamattu' terasa pelakksanaanya lebih bebas dan lebih ringan tetapi harus membayar dam tamattu'.

 

1) Haji tamattu': Kata tamattu' berarti bersenang-senang. Maksudnya, orang melaksanakan umrah terlebih dahulu pada bulan-bulan haji, lalu ber-tahallul, kemudian berihram haji dari Makkah atau sekitarnya pada 8 Dzulhijjah (hari Tarwiyah) atau 9 Dzulhijjah tanpa harus kembali lagi dari  miqat semula.

 

Baca juga : 

 

Selama jeda waktu taḥallul itu,  dia bisa bersenang-senang karena tidak  dalam keadaan ihram dan tidak terkena larangan iḥram tapi dikenakan dam dengan menyembelih seekor kambing. 

 

Haji tamattu' dilakukan oleh jemaah haji gelombang I  yang datang dari Madinah maupun jemaah gelombang II yang datang dari tanah air langsung menuju Makkah dan masih memiliki cukup waktu sebelum datangnya hari Arafah

 

2) Haji ifrad : Kata ifrad berarti menyendirikan.Artinya, seseorang melaksanakan ibadah haji saja tanpa melaksanakan umrah. Orang yang melaksanakan haji jenis ini tidak dikenakan dam. Tetapi jemaah dikenakan kewajiban menjaga larangan ihram mulai sejak niat ihram haji hingga selesai melaksanakan ibadah haji. Haji ifrad biasanya dilakukan oleh jemaah yang kedatangannya di Makkah mendekati hari Arafah.

 

Haji ifrad dapat dilaksanakan dengan cara sebagai berikut:

a. Melaksanakan haji saja (tanpa melaksanakan umrah);

b. Melaksanakan haji dulu,lalu melaksanakan umrah setelah selesai berhaji. Selain kedua cara tersebut, haji ifrad juga bisa dilakukan dengan dua cara yang lain.

 

3) Haji Qiran : Kata qiran berarti berteman atau bersamaan. Maksudnya, orang melaksanakan haji dan umrah secara bersamaan dengan sekali niat untuk dua pekerjaan, tetapi diharuskan membayar dam. Haji qiran biasanya dilakukan oleh jemaah yang kedatangannya di Makkah sudah mendekati hari Arafah. 

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp