Pindah Rumah?? Ini Dia 3 Adab Tempati Rumah Baru dalam Islam

By. Dewi Savitri - 22 Aug 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Pindah ke rumah baru adalah suatu nikmat yang patut disyukuri. Ini adalah momen penting dalam hidup kita yang diiringi dengan perasaan antusiasme dan harapan baru. Dalam Islam, menempati rumah baru dianggap sebagai anugerah dari Allah yang perlu disyukuri. Namun, ada adab dan amalan tertentu yang dapat dilakukan untuk menjadikan rumah baru sebagai tempat yang penuh keberkahan dan terhindar dari gangguan makhluk halus seperti jin. Berikut adalah adab-adab menempati rumah baru dalam islam:

 

Baca Juga: 8 Adab Menasehati dengan Bijak dalam Islam

 

1. Membaca Surat Al-Fatihah 3 Kali

 

Salah satu amalan yang dianjurkan ketika menempati rumah baru adalah membaca Surat Al-Fatihah sebanyak 3 kali. Al-Fatihah adalah surat pembuka dalam Al-Qur'an yang mengandung doa dan pujian kepada Allah. Dengan membaca surat ini, kita memohon keberkahan dan perlindungan Allah untuk rumah baru kita.

 

2. Membaca Surat Al-Mu’minun Ayat 28-29

 

Selanjutnya, membaca ayat 28-29 dari Surat Al-Mu’minun juga dianjurkan. Ayat ini berbicara tentang kesyukuran atas nikmat Allah dan permohonan untuk ditempatkan pada tempat yang berkah. Dengan membaca ayat ini, kita memohon agar Allah memberkahi rumah baru kita dan menjaganya dari gangguan.

 

3. Membaca Doa Khusus

 

Ada doa khusus yang dapat dibaca saat menempati rumah baru. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

 

اَللّٰهُمَّ يَا مَنْ فَلَقَ الْبَحْرَ لِمُوْسَى بْنِ عِمْرَانَ وَنَجَّى يُوْنُسَ مِنْ بَطْنِ الْحُوْتِ وَسَيَّرَ الْفُلْكَ لِمَنْ شَاءَ أَنْتَ الْعَالِمُ بِعَدَدِ قَطْرِ الْبِحَارِ وَذَرَّاتِ الرِّمَالِ يَا خَالِقَ أَصْنَافِ عَجَائِبِ الْمَخْلُوْقَاتِ أَسْأَلُكَ الْكِفَايَةَ يَا كَافِيَ مَنْ اِسْتَكْفَاهُ يَا مُجِيْبَ مَنْ دَعَاهُ يَا مُقِيْلَ مَنْ رَجَاهُ أَنْتَ الْكَافِيْ لَا كَافِيَ إِلَّا أَنْتَ، اِكْفِنِيْ شَرَّمَا أَخَافُ وَأَحْذَرُ وَامْلَأْ مَنْزِلِيْ هٰذَا خَيْرًا وَبَرَكَةً وَصَلِّ عَلَى نَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

 

Baca Juga: Ini Dia 12 Adab Bertetangga dalam Islam Agar Hidup Rukun

 

"Allâhumma yâ man falaqal bahra li Mûsâ bin ‘Imrân, wa najjâ Yûnusa min bathnil ?ût, wa sayyaral fulka li man syâ-a, antal ‘âlimu bi ‘adadi qathril bi?âri, wa dzarrâtir rimâl. Yâ Khâliqa ashnâfi ‘ajâ’ibil makhlûqât. As’alukal kifâyah, yâ kâfiya man istakfâh, yâ Mujîba man da‘âh, yâ muqîla man rajâh. Antal kâfi, lâ kâfiya illa anta. Ikfinî syarra ma akhâfu wa ahdzar. Wamla’ manzilî hâdzâ khairan wa barakah. Washalli ‘ala nabiyyika wa rasûlika sayyidina Mu?ammadin wa âlihi wa sha?bih wa sallim."

 

Artinya, “Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin ‘Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapapun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk. Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi. Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang kukhawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Shalawat salam semoga tercurah kepada nabi dan utusan-Mu, junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, dan kepada para keluarga serta sahabatnya.”

 

Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah untuk memberikan keberkahan, kecukupan, dan perlindungan kepada rumah baru kita.

 

Menempati rumah baru dalam Islam adalah momen yang istimewa. Untuk mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari gangguan makhluk halus, kita dapat melakukan amalan-amalan seperti membaca Surat Al-Fatihah, membaca ayat tertentu, dan membaca doa khusus. Dengan melakukan amalan-amalan ini, kita memohon kepada Allah agar rumah baru kita menjadi tempat yang penuh berkah dan nyaman. Semoga Allah senantiasa memberkahi kita dalam setiap langkah hidup kita.

 

Baca Juga: Jangan Tahan Kentut!! Ini Dia Tips Agar Tetap Khusyu saat Sholat

 

Wallahu a'lam bisshowab

Sekian pembahasan Batemuri Tour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di batemuritour.cs@gmail.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp