Berlayar dengan Kapal Phinisi di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur

By. Siti Rahmawati - 22 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Labuan Bajo selalu menawarkan banyak hal ynag menakjubkan. yang tentunya sayang jika dilewatkan begitu saja. Salah satunya anda bisa menikmati keindahan Labuan Bajo dengan berwisata di kapal phinisi.

 

Saat ini di Labuan Bajo banyak operator kapal yang bersaing menawarkan fasilitas lebih di kapal phinisi. Kapal phinisi yang tersedia di Labuan Bajo hadir dengan berbagai pilihan. Hal yang membedakan satu dengan lainnya adalah fasilitas dan ukuran kapal.  Tentu saja, harganya akan bervariasi.

 

Nama yang digunakan untuk kapal-kapal ini biasanya berunsur feminin, seperti Helena, Levilia, Alexa, dan nama-nama wanita lain. Rupanya hal ini berdasarkan konvensi internasional, nama wanita atau netral sepakat digunakan untuk menyebut penjelajah samudera ini.

 

Berlayar dengan phinisi sangat cocok buat yang ingin menikmati liburan dengan santai dan tidak terburu-buru. Sebaliknya, jika waktu liburan sempit, kapal cepat adalah pilihan yang lebih tepat.

 

Wisata dengan phinisi cocok untuk kegiatan island hopping alias berwisata dari satu pulau ke pulau lain dengan santai. Pulau-pulau ini terhampar di sepanjang Selat Sape yang memisahkan Bajo yang ada di Pulau Flores dengan Sumbawa. Rinca, Padar, dan Komodo adalah tiga pulau utama yang wajib Sobat Pesona kunjungi apabila sedang berwisata ke Labuan Bajo.

 

Baca juga :

 

Tentu saja, tidak hanya berlayar mengitari satu pulau ke pulau lainnya, wisata air seperti snorkeling atau menyelam juga jadi menu liburan dengan phinisi tergantung fasilitas yang ditawarkan.

 

Misalnya saja ada yang menawarkan berenang diantara ikan-ikan pari yang banyak berkumpul di Manta Point. Sementara bagi yang tidak terlalu suka kegiatan air, bisa menikmati trekking di pulau-pulau sekitar Labuan Bajo seperti di Pulau Padar atau Pulau Komodo. 

 

Walau fasilitas yang ditawarkan berbeda-beda tergantung tingkat kemewahan kapal, pada umumnya kapal phinisi yang ditawarkan untuk wisata di Labuan Bajo sudah cukup nyaman. Biasanya awak kapalnya terdiri dari nahkoda, tour guide, tukang masak, dan beberapa ABK lainnya. Fasilitas minimalnya adalah kabin untuk tidur ber-AC, kamar mandi, makan di atas kapal.

 

Bayangkan makan malam di atas kapal sambil melihat kanan, kiri, depan, dan belakang laut biru nan jernih serta gugusan pulau cantik akan memanjakan mata Sobat Pesona. Bukan tidak mungkin, pemandangan kapal-kapal phinisi lainnya yang berhenti di tengah laut juga ikut menambah indah panorama. Jangan takut makanan bakal tumpah dari meja akibat goyangan ombak, karena nahkoda biasanya akan mencari laut yang tenang.

 

Pemandangan yang disuguhkan biasanya berupa laut dan pemandangan pulau-pulau berbukit di sekitar Labuan Bajo. Yang menarik, kepulauan di sekitar Labuan Bajo punya dua warna kontras yang sama-sama indah. Pada musim kemarau biasanya pulau-pulau dan bukit tersebut nampak menguning diterpa matahari yang panas, sedangkan pada bulan Mei-Juni, Labuan Bajo baru selesai musim hujan, sehingga pemandangan sekitar pulau akan menghijau.

 

Baca juga :

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp