Waspada Bila Temukan Harga Paket Umrah di Bawah Rp 26 Juta, Ini Alasannya

By. Siti Rahmawati - 22 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Biaya ibadah umrah biasanya disesuaikan dengan pihak penyelenggara. Biasanya, travel agent umrah mematok harga berdasarkan fasilitas yang ditawarkan. Semakin lengkap dan memadai fasilitasnya, semakin besar pula biaya yang yang harus dikeluarkan calon jemaah.

 

Kementerian Agama (Kemenag) masih menetapkan harga Rp 26 juta sebagai biaya paket umrah dengan standar pelayanan paling minimal.

 

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag, Nur Arifin menyebut,Biaya standar umrah sudah ditetapkan berdasarkan KMA Nomor 777 Tahun 2020. Apabila ada Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang menjual harga paket di bawah itu, maka patut untuk diwaspadai.

 

Besaran harga referensi umrah ini sendiri dihitung berdasarkan pelayanan terhadap jemaah di Tanah Air, dalam perjalanan, dan selama di Arab Saudi, yang meliputi biaya penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta ke Arab Saudi dan sebaliknya.

 

Baca juga : 

 

Ia juga mengingatkan masyarakat agar mengacu pada 5 Pasti Umrah sebelum menentukan pilihan travel. Yakni Pastikan izin travelnya, pastikan tiket penerbangannya, pastikan jadwalnya, pastikan hotelnya dan pastikan visa nya. Kalau lima hal ini sudah dipastikan, Insya Allah perjalanan Ibadah akan aman. 

 

Di samping itu, Nur Arifin juga menegaskan bahwa setiap individu atau kelompok orang wajib berangkat umrah dengan menggunakan jasa PPIU.

 

Secara regulasi, Indonesia tidak mengenal umrah mandiri atau backpacker. Apabila ada pihak-pihak yang melakukannya, maka bertentangan dengan UU Nomor 8 Tahun 2019.

 

Sesuai UU tersebut, yang melanggar dapat dikenakan hukuman denda paling besar Rp6 miliar atau penjara maksimal 6 tahun.

 

Bagi anda yang di wilayah kota Jakarta, ataupun kota Semarang dan sekitarnya Batemuritour and Travel bisa menjadi solusi aman dan amanah untuk menemani perjalanan ibadah haji maupun umrah anda.

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp