Ini Dia 4 Manfaat Sujud Tilawah Agar Lebih Dekat dengan Allah

By. Dewi Savitri - 23 Aug 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Dalam agama Islam, sujud tilawah adalah bentuk sujud yang dilakukan setelah membaca atau mendengar ayat-ayat sajadah yang terdapat dalam Al Qur’an Al Karim. Tindakan sujud ini adalah wujud rasa tunduk dan penghambaan kepada Allah SWT. Keutamaan dari sujud tilawah sungguhlah luar biasa, sebagaimana diuraikan dalam beberapa hadits di bawah ini.

 

Baca Juga: Hukum dan Syarat Pelaksanaan Sujud Syukur dalam Islam

 

1. Dijauhi Setan

 

Dari Abu Hurairah, hadits mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Jika anak Adam membaca ayat sajadah, lalu dia sujud, maka setan akan menjauhinya sambil menangis. Setan pun akan berkata-kata: 'Celaka aku. Anak Adam disuruh sujud, dia pun bersujud, maka baginya surga. Sedangkan aku sendiri diperintahkan untuk sujud, namun aku enggan, sehingga aku pantas mendapatkan neraka." (HR. Muslim no. 81)

 

2. Mendapat Perlindungan dari Allah

 

Dalam hadits lain, terdapat penjelasan mengenai bagaimana bekas sujud memiliki keutamaan di akhirat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Para malaikat tersebut mengenal orang-orang tadi yang berada di neraka melalui bekas sujud mereka. Api akan melahap bagian tubuh anak Adam kecuali bekas sujudnya. Allah mengharamkan bagi neraka untuk melahap bekas sujud tersebut." (HR. Bukhari no. 7437 dan Muslim no. 182)

 

3. Meraih Kasih Sayang Allah melalui Sujud

 

Dalam hadits lainnya, dikatakan bahwa sujud kepada Allah merupakan amalan yang sangat dicintai-Nya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab pertanyaan tentang amalan yang paling dicintai di sisi Allah dengan kata-kata, "Perbanyaklah sujud kepada Allah. Sesungguhnya jika engkau bersujud sekali saja kepada Allah, dengan itu Allah akan mengangkat satu derajatmu dan juga menghapuskan satu kesalahanmu." (HR. Muslim no. 488)

 

Baca Juga: Mengenal Sujud Tilawah, Ini Dia Rukun & Syaratnya

 

4. Mendekatkan Diri kepada Nabi Muhammad SAW

 

Terdapat riwayat yang menceritakan bahwa seseorang bertanya kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai amalan yang bisa mendekatkannya kepada beliau di surga. Rasulullah menjawab, "Bantulah aku (untuk mewujudkan cita-citamu) dengan memperbanyak sujud (shalat)." (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Dari penjelasan di atas, tergambar dengan jelas keutamaan sujud tilawah dalam Islam. Sujud tilawah adalah bentuk kerendahan hati dan ketaatan yang mendalam kepada Allah. Melalui tindakan ini, kita tidak hanya mendekatkan diri kepada-Nya, tetapi juga menjauhkan diri dari godaan setan dan mendapatkan perlindungan-Nya di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, marilah kita selalu menghayati dan melaksanakan sujud tilawah sebagai bentuk pengabdian dan ibadah kepada Allah yang memiliki manfaat luar biasa bagi kehidupan kita.

 

Baca Juga: Keutamaan Sholat Tepat Waktu dalam Islam

 

Wallahu A'lam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp