Teluk Triton Kabupaten Kaimana- Papua Barat

By. Siti Rahmawati - 23 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Sudah pasti, banyak yang mengenal Raja Ampat di Papua Barat. Bagaimana dengan Teluk Triton, yang berdekatan. Apakah bisa disandingkan?

 

Teluk Triton salah satu teluk di perairan Kabupaten Kaimana, Papua Barat banyak menyebut lebih indah dari Raja Ampat. Salah satunya pohon-pohon yang subur menghijau di atas gugusan pulau-pulau karang. Sedangkan Raja Ampat lebih tandus dan kering.

 

Teluk Triton terletak di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, 40km tenggara dari Kota Kaimana. Daerah ini dikenal dengan keindahan bawah air yang dikenal sebagai surga bawah laut dan warisan budaya.

 

Pengunjung yang sampai ke Teluk Triton akan mendapati pulau-pulau karang yang tinggi dihiasi dengan pohon-pohon menghijau. Perairanya pun jernih bahkan beberapa bagian, pelancong dapat langsung bisa melihat warna warni terumbu karang.

 

Bila ingin berenang di Teluk Triton, maka pilihanya bisa mendatangi Pantai Ermun. Pantai tersebut merupakan salah satu destinasi di Teluk Triton.  Pasir putih Pantai Ermun membuat pengunjung bisa berlama-lama berenang sambil menikmati keindahan perairan sekitar pantai.

 

Baca juga :

 

Pemandangan bawah laut Teluk Triton juga menjadi primadona. Bahkan gugusan terumbu karang terlihat bersinar pada malam hari sehingga terlihat aneka warna warni dari dasar laut. Satu lagi yang bisa dinikmati adalah peninggalan prasejarah berupa lukisan di dinding tebing yang menghadap Teluk Bicari.

 

Teluk Triton juga suaka bagi ikan hiu di musim angin timur yang berombak besar. Mereka mencari ikan-ikan kecil yang bersembunyi di sekitar teluk yang sepi ketika senja. Lumba-lumba yang bermain dan sesekali meloncat ke atas air menjadi pemandangan saat perjalanan menuju atau keluar dari teluk ini.

 

Untuk menuju ke kawasan ini memang sedikit sulit.Karena penerbangan menuju ke Kaimana tidak bisa dilakukan setiap hari hanya beberapa hari sekali. Jadwal itu pun bisa berubah sewaktu-waktu. Bandara Utarum adalah gerbang utama menuju ke wilayah Teluk Triton.

 

Setelah mencapai kawasan ini sobat native bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal pemerintah dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam. Ingin lebih cepat sampai bisa memanfaatkan speedboat dengan waktu tempuh hanya 1, 5 jam saja.

 

Baca juga :

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp