Permudah Beramal, Ini Dia Hukum Sedekah Online dalam Islam

By. Dewi Savitri - 24 Aug 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Di era digital saat ini, kemajuan teknologi telah memberikan dampak yang besar pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam beramal. Dengan adanya situs amal dan aplikasi online, bersedekah menjadi lebih mudah dan praktis. Namun, bagaimana sebenarnya hukum bersedekah secara online dalam Islam? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

 

Baca Juga: Hati-hati, Inilah Hukum Memakan Harta Anak Yatim dalam Islam

 

1. Niat yang Ikhlas Sebagai Sedekah

 

Meskipun pemberian tidak dilakukan secara langsung kepada penerima sedekah, penting untuk tetap memiliki niat yang tulus dan ikhlas saat bersedekah secara online. Bersedekah bukan sekadar memberikan sebagian harta kepada yang membutuhkan, tetapi juga tentang niat baik dan keikhlasan dalam menjalankan perintah Allah. Pastikan bahwa situs atau aplikasi yang digunakan untuk bersedekah juga telah terpercaya, sehingga bantuan yang diberikan benar-benar sampai kepada yang berhak.

 

2. Nilai Sedekah Tetap Utuh

 

Meskipun bersedekah dilakukan secara online dan tanpa bertemu langsung dengan penerima, hal ini tidak akan mengurangi nilai sedekah tersebut. Bahkan, bersedekah secara sembunyi-sembunyi seperti ini dapat lebih dicintai oleh Allah. Dalam QS. Al-Baqarah ayat 271, Allah berfirman, "Jika kamu menampakkan sedekahmu, maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu."

 

Baca Juga: 6 Keutamaan Sedekah Subuh dalam Islam, Sudah Mengamalkannya??

 

3. Hukum Bersedekah Online

 

Bersedekah dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk melalui perantara situs atau aplikasi online. Dalam Islam, amal baik dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik langsung memberikan kepada yang membutuhkan atau melalui perantara. Oleh karena itu, bersedekah melalui situs dan aplikasi online juga diperbolehkan. Ini sejalan dengan prinsip bahwa agama Islam adalah agama yang menganut kaidah-kaidah yang fleksibel dan relevan dengan perkembangan zaman.

 

Bersedekah online bisa diibaratkan sebagai sarana modern yang membantu kita menyampaikan kebaikan kepada sesama umat manusia. Namun, penting untuk selalu berhati-hati dalam memilih platform bersedekah yang dapat diandalkan dan dapat memastikan bahwa bantuan kita benar-benar sampai kepada yang membutuhkan.

 

Dalam menjalankan ibadah sedekah, baik secara konvensional maupun melalui platform online, yang paling penting adalah niat yang tulus dan ikhlas serta keyakinan bahwa setiap amal baik yang kita lakukan akan mendapatkan balasan dari Allah. Semoga dengan teknologi yang ada, kita dapat semakin mudah dalam beramal dan mendekatkan diri kepada-Nya.

 

Baca Juga:Ini Dia Hukum dan Manfaat Curhat dalam Islam, Apakah Boleh??

 

Wallahu A'lam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp