Ini Dia 3 Cara Menghadapi Inflasi dalam Islam

By. Dewi Savitri - 24 Aug 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Inflasi, fenomena kenaikan harga barang dan jasa secara berkelanjutan, telah menjadi isu yang relevan dalam dunia ekonomi. Peningkatan ini seringkali disebabkan oleh berbagai faktor, dan dampaknya bisa sangat memengaruhi kehidupan sehari-hari. Bagaimana pandangan Islam terhadap inflasi, dan bagaimana cara menghadapinya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah? Mari kita telaah lebih dalam.

 

Baca Juga: 3 Prinsip Syariah yang Tidak Boleh Dilanggar dalam Penggunakan Emoney

 

Walaupun istilah "inflasi" tidak secara langsung disebutkan dalam Al-Qur'an atau hadits, prinsip-prinsip ekonomi dalam Islam memberikan panduan yang dapat diaplikasikan dalam menghadapi fenomena ini. Inflasi, sebagai akibat dari kenaikan harga, dapat merugikan masyarakat terutama mereka yang kurang mampu.

 

Al-Qur'an mengingatkan manusia untuk tidak terlalu terpaku pada harta dan materi dalam banyak ayat. Dalam QS Ali Imran: 14, Allah menyebutkan bahwa manusia cenderung mencintai harta dan kekayaan. Namun, Islam juga telah memberikan petunjuk dalam mengendalikan keinginan akan materi melalui banyak ayat dan hadits.

 

Cara Menghadapi Inflasi dalam Perspektif Islam

 

1. Perbaikan Moral

 

Salah satu cara mengatasi inflasi dalam Islam adalah dengan memperbaiki moral dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kejujuran dalam transaksi serta pengendalian keinginan berlebihan terhadap barang dan harta. Dalam Islam, manusia diingatkan bahwa kelak akan dimintai pertanggungjawaban atas semua yang dimilikinya.

 

2. Pemerataan Pendapatan dan Kekayaan

 

Islam mendorong pemerataan distribusi pendapatan dan kekayaan melalui zakat, infaq, dan sadaqah. Pendapatan yang didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan dapat membantu meringankan beban hidup saudara-saudara seiman yang kurang beruntung.

 

Baca Juga: 6 Syarat Jual Beli Online yang Sesuai Prinsip Syariah

 

3. Menghindari Riba

 

Riba atau bunga menjadi salah satu penyebab inflasi. Islam secara tegas melarang riba dan mendorong perdagangan yang adil serta transaksi yang seimbang. Dengan menghindari riba, kita bisa membantu mencegah penyebab utama inflasi.

 

Para ulama dan ekonom Islam klasik telah memberikan solusi untuk mengatasi inflasi dan menjaga stabilitas nilai uang. Tokoh seperti al-Ghazali dan Ibnu Taimiyah menegaskan pentingnya pemerintah dalam menjaga nilai tukar mata uang dan menghindari kelebihan pencetakan uang yang bisa memicu inflasi. Konsep ekonomi Islam mengajarkan bahwa nilai uang harus mencerminkan nilai riil dalam transaksi masyarakat.

 

Jadi, cara menghadapi inflasi dalam Islam tetap melalui pemahaman terhadap prinsip-prinsip ekonomi syariah, moralitas dalam bertransaksi, serta pemerataan kekayaan. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, masyarakat Muslim dapat menghadapi inflasi dengan bijak, sesuai dengan ajaran agama, dan berkontribusi pada kesejahteraan bersama.

 

Baca Juga: Hukum Pinjaman Online (Pinjol) dalam Islam

 

Wallahu A'lam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp