Candi Borobudur Terbaru 2023, Jam Buka dan HTM

By. Darma Taujiharrahman - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

batermuritour.com - Hasi sobat BeHappy!!! bagaimana kabarnya sekalian, pasti kalian sudah sangat mengenal CANDI BOROBUDUR yang terletak di Kabupaten Magelang. Berikut berita terupdate 2023 tentang jam buka dan HTM serta beberapa-beberapa aturan yang berlaku, yuk simak berikut ini.

 

SEJARAH CANDI BOROBUDUR

 

Balai Konservasi Borobudur dalam situsnya menyebutkan, Sejarawan J.G. de Casparis berpendapat bahwa pendiri Candi Borobudur adalah Raja Samaratungga yang memerintah pada 782-812 masehi, masa Dinasti Syailendra. Candi Borobudur dibangun untuk memuliakan agama Budha Mahayana. Pendapat itu berdasarkan interpretasi prasasti berangka tahun 824 masehi dan prasasti Sri Kahulunan 842 masehi.

 

Cagar Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam situsnya menyebutkan, ada tafsiran lain yang menuturkan bahwa Candi Borobudur bukanlah semata-mata berlatar agama Buddha. Lebih dari itu, bangunan candi dipengaruhi oleh konsep pemujaan leluhur yang diwujudkan dalam bentuk bangunan berteras.  Oleh sebab itu, Candi Borobudur mempunyai keragaman fungsi yakni monumen untuk memuliakan leluhur pendiri Dinasti Syailendra dan memuliakan agama Buddha. 

 

Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Situs sejarah itu sempat ditinggalkan.  Dugaan sementara sejumlah ahli, penyebab kompleks candi tersebut ditinggalkan adalah bencana Gunung Merapi meletus pada 1006. Namun, hasil penelitian geologi, vulkanologi, dan arkeologi belum dapat membuktikan letusan hebat tersebut.

 

Sumber: Sejarah Candi Borobudur

 

Baca juga: Candi Prambanan Terbaru 2023, Jam Buka dan HTM

 

JAM BUKA DAN TIKET MASUK CANDI BOROBUDUR


Candi Borobudur buka setiap hari mulai pukul 08:00 sampai dengan pukul 15:00, tetapi khusus pada hari Senin pengunjung tidak diperbolehkan masuk ke halaman candi. Waktu terbaik yang kami sarankan untuk berkunjung menikmati Candi Borobudur adalah pagi-pagi sekali, yaitu ketika kondisi udara masih dalam keadaan segar.

 

Namun ada beberapa spot khusus dengan ketentuan jam buka yang berbeda-beda sebagai berikut

  • Pelayanan operasional tiket : 09.30 - 17.00 WIB.

  • Jam buka loket Candi Borobudur : 07.30 - 16.00 WIB.

  • Jam istirahat loket Candi Borobudur : 15.00-15.15 WIB.

  • Kunjungan di pelataran/halaman Candi Borobudur : 9.30 - 17.00 WIB.

  • Jam buka pelataran Candi Borobudur (zona 1) : 08.30-15.30 WIB

  • Jam buka Taman Wisata Candi Borobudur (zona 2) : 07.30 - 17.00 WIB.

 

Harga tiket untuk menikmati kemegahan Candi Borobudur adalah Rp50.000 untuk dewasa dan Rp25.000 untuk anak 3-10 tahun. Ada diskon 50% untuk rombongan pelajar/mahasiswa, minimal 20 orang.

 

Bila ingin lebih hemat, tersedia juga paket tiket terusan Candi Borobudur + Candi Prambanan Rp75.000 untuk dewasa dan Rp35.000 untuk anak 3-10 tahun. Tiket terusan ini bahkan berlaku untuk 2 hari, jadi masih bisa digunakan keesokan harinya. Selain terusan Candi Borobudur + Candi Prambanan disediakan juga Tiket terusan Candi Borobudur + Ratu Boko dengan harga dan ketentuan yang tidak jauh berbeda.

 

Selain itu beberapa ketentuan harga untuk wisatawan mancanegara sebagai berikut

 

  • Wisatawan asing dewasa : Rp 300.000 - Rp 400.000

  • Wisatawan asing anak-anak (3-10 tahun) : Rp 250.000

 

Baca juga: 4 Rekomendasi Kuliner Viral Klaten, Nomor 3 Bikin Penasaran

 

ATURAN CANDI BOROBUDUR

 

Berikut beberapa peraturan terbaru di Candi Borobudur yang kami rangkum dari berbagai sumber.

- Pengunjung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

- Anak di bawah 12 tahun sudah diperbolehkan memasuki Candi Borobudur.

- Sejak pertengahan 2020, pengunjung sudah tidak diperbolehkan naik ke candi. Jadi, hanya bisa sampai pelataran/halaman candi. Ketentuan ini mungkin akan berlaku seterusnya.

- Setiap pukul 12.00 - 13.00, halaman Candi Borobudur akan dikosongkan dari pengunjung.

- Setiap hari Senin, pengunjung juga tidak bisa masuk ke halaman Candi Borobudur. Jadi, hanya bisa sampai batas pagar.

- Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar.

 

Sekian tips BeHappy kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten wisata lainnya silahkan hubungi email kami di batemuritour.cs@gmail.com

 

Mari ramaikan dan terus lestarikan wisata negeri ini

 

Baca juga: 2 Destinasi Wisata Turki Versi Hemat, Umroh plus Eropa



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp