Doa agar Menjadi Haji yang Mabrur, Baca Sepulang dari Tanah Suci

By. Siti Rahmawati - 24 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Setelah empat puluh hari menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah, para jemaah haji akan kembali ke Indonesia. Kepulangan jemaah haji ke tanah air disambut hangat dan rasa syukur dari keluarga dan saudara. Untuk itu, ini bacaan doa agar menjadi haji yang mabrur

 

Ibadah haji dilakukan untuk memenuhi salah satu rukun Islam yang kelima yaitu naik haji bagi yang mampu. Ibadah haji dilakukan bagi siapapun yang telah memiliki niat serta mampu secara lahir dan batin untuk menunaikannya baik itu secara fisik hingga finansial. Sebab, menunaikan ibadah haji membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk itu, ada baiknya mempersiapkan segala sesuatunya dari awal. Bahkan, menabung untuk keperluan ibadah haji perlu dilakukan sejak lama.

 

Setelah pulang melakukan ibadah haji, bisa memanjatkan doa sebagai tanda syukur karena mendapat kesempatan menjalankan ibadah haji. Doa pulang haji ini dianjurkan untuk didoakan kepada diri sendiri maupun tamu yang datang menjenguk. Berikut ini doa setelah ibadah haji yang bisa dipanjatkan oleh diri sendiri maupun bagi para tamu agar menjadi haji yang mabrur.

 

Doa Pulang Haji agar Menjadi Haji yang Mabrur

Doa pulang haji ini dipanjatkan oleh para jemaah haji agar menjadi haji yang mabrur. Haji mabrur adalah haji yang baik, taat, dan diterima oleh Allah SWT. Karena, setiap insan yang haji pasti akan berharap agar ibadahnya diterima dan menjadi haji yang taat. Berikut doa pulang haji agar menjadi haji yang mabrur:

 

Baca juga : 

 

اللهم اجْعَلْ حَجَّنَا حَجًّا مَبْرُوْرًا، وَعُمْرَةَنَا عُمْرَةً مَبْرُوْرًا، وَسَعْيَنَا سَعْيًا مَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَا ذَنْبًا مَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَا عَمَلًا صَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَةَنَا تِجَارَةً لَنْ تَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِ أَخْرِجْنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ


 

Artinya: Ya Allah, jadikanlah haji kami haji yang mabrur (baik dan diterima), umrah kami umrah yang mabrur, sa'i kami sa'i yang disyukuri, dosa kami dosa yang diampuni, amal kami amal shaleh yang diterima dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi, wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam dada, keluarkanlah kami dari kezaliman menuju cahaya (keimanan)".

 

Doa yang Bisa Dipanjatkan Sebagai Rasa Syukur

Doa pulang haji bisa dibaca oleh keluarga, kerabat, tetangga atau tamu undangan lainnya yang datang bersilaturahmi ke rumah seseorang yang baru pulang berhaji. Doa pulang haji ini sebagai rasa syukur karena telah selesai beribadah ke tanah suci Makkah. Berikut bacaan doa pulang haji:


 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىٰ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةِ قَبْرِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ
 

 

Baca juga : Doa Walimatus Safar, Tradisi Sebelum Berangkat Ibadah Haji

 

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah limpahkanlah sholawat, salam dan berkah kepada junjungan kami nabi Muhammad, dengan sholawat yang bisa menyampaikan kami untuk berhaji ke baitil haram dan ziarah ke makam nabi Muhammad.

 

Doa Pulang Haji yang Dibaca Tamu

Selain doa yang dibaca dari seseorang yang sudah berhaji, ada pula doa yang bisa dipanjatkan dari tamu yang hendak menjenguk tetangga atau rekannya yang baru pulang dari haji. Doa yang dipanjatkan oleh tamu ini berharap baik itu hajah maupun haji dapat mabrur. Ini bacaan doa pulang haji yang dibaca oleh tamu:

 

قَبَّلَ اللهُ حَجَّكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَأَخْلَفَ نَفَقَتَكَ

 

Artinya: Semoga Allah menerima ibadah haji mu, mengampuni dosa kamu dan mengganti pengeluaran kamu.

 

Selain itu, bisa dilanjutkan dengan doa sebagai berikut :
 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْحَاجِّ وَلِمَنِ اسْتَغْفَرَ لَهُ الحَاجُّ

 

Artinya: Ya Allah, ampunilah dosa jamaah haji ini dan dosa orang yang diminta ampunan oleh jamaah haji ini.

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp